Kolam Renang Wiloci, Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Pekan di Pemalang

Kolam Renang Wiloci
Kolam Renang Wiloci di Kabupaten Pemalang, Jateng. (Source: Disparpora Pemalang)

TURISIAN.com – Mau menghabiskan liburan akhir pekan di Kabupaten Pemalang, Sobat Turisian bisa menuju ke Kolam Renang Wiloci. Di sini kalian bisa bisa berenang di kolam sumber air alami bersama keluarga dan teman.

Nama Wiloci sendiri merupakan singkatan dari Wisata Loning Ciblon. Lokasinya terletak di Pemalang selatan, tepatnya di Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kolam Renang Wiloci memiliki air yang segar dan jernih karena berasal dari mata air yang ada di lokasi. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai sumber mata air Loning.

Istilah “Ciblon” memiliki arti anak-anak bermain air. Sehingga bisa menyimpulkannya nama Wiloci ini berasal dari kebiasaan anak-anak setempat yang senang bermain di sekitar mata air tersebut.

Tempat wisata Kolam Renang Wiloci mulai buka untuk umum pada tahun 2017. Pengelolaannya oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekarsari. Pada awalnya objek wisata ini hanya menyediakan spot selfie, namun sejak tahun 2020 berkembang menjadi wisata air berupa kolam renang.

Di sini Sobat Turisian bisa menemukan tiga kolam renang yang tersedia. Mulai dari kolam renang untuk anak-anak, untuk keluarga, hingga dewasa. Untuk kolam dewasa berukuran 28 x 14 meter dengan kedalaman mulai 1 – 2,3 meter. Sedangkan untuk kolam renang keluarga ukurannya lebih kecil dengan kedalaman yang aman untuk keluarga.

Baca juga: Curug Sibedil Pemalang yang Indah dengan Ikon Batu Mirip Moncong Senapan

Keunggulan Kolam Renang Wiloci tersebut berada di lereng Gunung Slamet. Sehingga udaranya cukup sejuk. Tambah lagi di sekitarnya terdapat lahan pertanian serta perbukitan yang menambah nuansa asri.

Berenang di sini, Sobat Turisian sangat asyik karena bisa sekaligus menyaksikan keindahan alam sekitar. Suasananya seperti berenang di fasilitas hotel karena berada dekat dengan alam.

Fasilitas Pendukung Wisata

Sebagai tempat wisata yang nyaman, Kolam Renang Wiloci sudah mempunyai fasilitas pendukung yang cukup memadai. Mulai dari area parkir, warung makanan, spot foto berlatar kolam dan perbukitan, fasilitas perosotan, 36 slot loker barang, meja kursi, toilet, kamar ganti, dan lainnya.

Nah kalau ingin nongkrong sambil menyantap makanan, Sobat Turisian bisa menuju ke sebelah kiri kolam dewasa. Di situ terdapat Paradiso Café and Resto. Tempatnya asyik banget, karena ada tiga lokasi tempat nongkrong. Sudah lengkap dengan sarana live musik. Cocok juga untuk acara kegiatan kantor atau arisan.

Lokasi Kolam Renang Wiloci

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Berjarak 47,6 km dari Alun-Alun Pemalang dengan waktu tempuh 1 jam 11 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Kolam Renang Wiloci berada di jalur strategis Pemalang – Tegal atau yang terkenal sebagai jalur Moga – Guci. Tidak jauh dari sini ada lokasi wisata lain, seperti Petik Strobery yang masih terdapat di Desa Karangsari, Bukit Tangkeban Nyalembeng, tempat berburu kopi di Rumah Kopi Pulosari.

Baca juga: Yuk Cicipi Kelezatan Nasi Grombyang dan Lontong Dekem Khas Pemalang!

Ada pula spot wisata yang masih satu jalur dengan beberapa lokasi wisata di Moga, seperti Curug Sibedil, Curug Sidok, Kolam Kali Suci, Pemandian Moga, Kebun The Semugih, dan wisata lainnya. Jadi, bisa nih libura ke Kolam renang Wiloci, kemudian mampir di beberapa objek wisata yang ada di Pemalang selatan.*

 

 

Pos terkait