Curug Sibedil Pemalang yang Indah dengan Ikon Batu Mirip Moncong Senapan

Curug Sibedil
Curug Sibedil Pemalang, Jateng. (Source: Disparpora Pemalang)

TURISIAN.com – Liburan di Kabupaten Pemalang, Sobat Turisian bisa menikmati berbagai objek wisata alam yang mayoritas berupa air terjun atau curug. Salah satunya Curug Sibedil yang sudah cukup lama wisatawan kenal.

Curug dengan ketinggian sekitar 25 meter ini, menyajikan keindahan dan kesejukan alam. Sobat Turisian bakal bisa melihat banyak aliran-aliran kecil di sekitarnya yang menambah keeksotikan tempat ini. Suasananya tampak asri karena sekelilingnya terdapat pepohonan rindang.

Tak hanya itu, Sobat Turisian juga bisa berenang atau sekadar bermain menikmati kesegaran air kolam di bawah Curug Sibedil yang cukup luas. Kedalamannya pun cukup aman untuk usia anak-anak. Bahkan sesekali kalian bisa melihat sejumlah anak setempat yang melompat dari atas air terjun.

Di sekitarnya banyak bebatuan di antara aliran air yang menambah keindahan air terjun. Bebatuan ini pun bisa Sobat Turisian jadikan tempat bersantai atau spot swafoto. Tambah suara gemiricik air dan aliran air curug yang bakal membuat kalian semakin betah berlama-lama di sini.

Keunikan dari Curug Sibedil tersebut terletak pada namanya yang berasal dari keunikan batu yang berbentuk mirip moncong senapan. Di samping itu, ketika Sobat Turisian bermain air di bawah curug, bisa menghentakkan air dengan tangan. Aktivitas ini akan menghasilkan suara menggema yang unik mirip dengan suara tembakan meriam. Wow, pasti seru banget Sob!

Baca juga: Sate Loso Khas Pemalang yang Wajib Kalian Coba Kelezatannya!

Sebagai destinasi wisata, kawasan ini pun sudah memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang memadai. Di antaranya area parkir kendaraan, spot kuliner, ruang ganti, toilet, saung untuk bersantai, dan lainnya. Sementara untuk operasionalnya, buka setiap hari dari pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Akses Menuju Air Terjun

Akses ke tempat wisata tersebut, bisa Sobat Turisian mulai dari plang di Jalan Raya Desa Sima – Mandiraja dan masuk ke dalam sekitar 50 meter. Di sini kalian langsung menemukan loket tiket dan area parkir sepeda motor.

Buat Sobat Turisian yang menggunakan mobil ke Curug Sibedil, area parkirnya agak ke dalam dan kapasitasnya sangat terbatas, hanya cukup untuk sekitar 4 mobil. Kalau menggunakan bus atau kendaraan yang lebih besar sebaiknya parkir di jalur Desa Sima – Mandiraja.

Untuk tiket masuk dan biaya parkir, Sobat Turisian bisa membayarnya sekaligus di loket. Harganya sekira Rp5.000, parkir motor Rp2.000, dan mobil Rp5.000. Dari loket kalian akan lanjut berjalan kaki menuju ke lokasi curug yang jaraknya sekitar 150 meter melalui jalan perkampungan.

Jalurnya berupa jalan setapak melewati perkampungan. Kemudian melewati jembatan dan area pinggir sawah hingga tiba di Curug Sibedil. Perjalanannya pun menyenangkan karena banyak sajian pemandangan alam yang aduhai.

Rute perjalanan untuk tiba di lokasi wisata curug ini cukup mudah. Letaknya berada di jalur lintas Moga – Guci. Tepatnya di Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Baca juga: Ogel-ogel, Oleh-Oleh Khas Pemalang yang Wajib Kalian Bawa Pulang!

Objek wisata Curug Sibedil berjarak 43,4 km dari Alun-Alun Kabupaten Pemalang ke arah selatan, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Dari jalur Moga – Guci kalian bisa lanjutkan perjalanan ke Jalan Desa Sima – Mandiraja, jaraknya sekitar 700 meter. Akses jalannya pun sudah sangat memadai.*

 

 

Pos terkait