Ogel-ogel, Oleh-Oleh Khas Pemalang yang Wajib Kalian Bawa Pulang!

Ogel-ogel khas Pemalang
Ogel-ogel khas Pemalang, Jateng. (dok. wisatapemalang.com)

TURISIAN.com – Ogel-ogel merupakan camilan yang menjadi oleh-oleh khas Pemalang yang wajib Sobat Turisian bawa pulang saat berkunjung ke daerah tersebut. Camilan ini memiliki rasa yang gurih dengan bentuk panjang sekitar 2 – 3 cm.

Dengan warna putih kecoklatan, kudapan mungil ini renyah dan gurih yang bakal bikin Sobat Turisian ketagihan saat memakannya. Cocok sebagai teman ngopi atau bisa juga menjadi camilan dalam perjalanan. Jajanan khas Pemalang ini juga tahan lama.

Camilan Ogel-ogel khas Pemalang ini terbuat dari tepung ketan, tepung tapioka, telur, gula, garam dan keju. Kemudian bercampur menjadi adonan yang kenyal. Tentunya tanpa bahan pengawet sehingga aman untuk Sobat Turisian konsumsi bersama keluarga.

Oleh-oleh dari Pemalang ini pertama kali hadir pada tahun 2005, melalui tangan kreatif seorang ibu bernama Isom, warga di Perumahan BTN Kaligelang. Setelah melalui proses yang panjang, kini camilan tersebut cukup terkenal. Tidak hanya di Pemalang melainkan di berbagai kota.

Baca juga: Mencicipi Kue Kamir yang Kenyal dan Manis, Dorayaki-nya Pemalang

Nama Ogel-ogel khas Pemalang tersebut berasal dari penampilan bentuknya yang mirip ulat bergerak-gerak atau “ogel-ogel”. Bersumber dari laman wisatapemalang.com, menurut Ibu Isom makanan ini memiliki arti sesuatu yang bergerak.

Outlet & Harga Ogel-ogel khas Pemalang

Untuk membeli oleh-oleh khas ini, Sobat Turisian bisa berkunjung ke outletnya yang berada di Perumahan BTN Kaligelang, Jalan Dr. Wahidin, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Di tempat ini tersedia ogel-ogel dalam beragam kemasan. Mulai dari kemasan kecil, sedang, toples, hingga dalam dus.

Harganya pun bervariasi tergantung ukuran kemasan. Untuk kemasan kecil Rp8.000, kemasan besar Rp15.000, toples Rp50.000, dus kecil isi 5 seharga Rp40.000, dan dus besar isi 5 Rp75.000.

Di outlet ini pula terdapat aneka oleh-oleh lainnya dari Pemalang dan sekitarnya. Di antaranya olahan nanas, kacang, pisang sale, dan oleh-oleh lainnya. Menariknya lagi, Sobat Turisian bisa menyaksikan langsung proses pembuatan Ogel-ogel khas Pemalang di tempat ini.

Baca juga: Keindahan Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Pemalang

Workshopnya berada di sebelah barat outlet. Di situ kalian bisa melihat dari proses awal pengadonan bahan-bahan, proses cetak ogel-ogel, menggoreng hingga pengemasan.*

 

 

 

Pos terkait