Yuk Cicipi Kelezatan Nasi Grombyang dan Lontong Dekem Khas Pemalang!

Nasi Gombyang
Nasi Gombyang Khas Pemalang. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Kabupaten Pemalang di pesisir utara Jawa Tengah, jangan lupa Sobat Turisian untuk mencicipi beragam kuliner khasnya. Dua di antaranya yang cukup terkenal di sana, ada Nasi Grombyang dan Lontong Dekem.

Dari segi penampilan dan cita rasanya, Nasi Grombyang mirip dengan soto tauco ataupun rawon. Bedanya, kuliner khas Pemalang yang satu ini memiliki beberapa bumbu khusus. Untuk penyajiannya, biasanya di sebuah mangkuk putih kecil.

Di dalam satu mangkuk nasi ini, Sobat Turisian akan menemukan nasi bersama irisan daging kerbau, kuah, dan taburan daun bawang. Pelengkapnya ada sate kerbau, sesuai permintaan pembeli. Dapat berisi daging penuh, jeroan, ataupun bagian lainnya.

Tampilan sate kerbau tersebut makin menggugah selera karena ada taburan serundeng kelapa. Apalagi kuah sate yang berpadu dengan minyak cukup lezat untuk Sobat Turisian santap baik dengan Nasi Grombyang ataupun jadi menu tersendiri.

Baca juga: Keindahan Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Pemalang

Sobat Turisian bisa mudah menemukan penjual nasi ini di berbagai sudut kota Pemalang. Salah satu yang cukup terkenal, yaitu Nasi Grombyang Pak H Warso di Jalan RE Martadinata atau utara Alun-alun Pemalang. Serta Warung Waridin di Jalan Gatot Subroto atau dekat dengan SMAN 1 Pemalang.

Lontong Dekem Khas Pemalang

Sementara untuk Lontong Dekem tampilannya hampir mirip dengan nasi khas Pemalang tadi. Hanya saja beda isian utamanya, satu dengan nasi serta daging kerbau, dan satu lagi memakai lontong berisi daging ayam.

Perbedaan lainnya, penjual Nasi Grombyang tersedia mulai pagi hari. Sedangkan penjual Lontong Dekem kebanyakan bisa Sobat Turisian jumpai mulai sore hari.

Kedua makanan khas Pemalang ini juga biasanya tersaji dengan sate ataupun berbagai jenis lauk lainnya, seperti telur dan ati ampela. Tambah lagi dengan ceker atau kulit ayam yang sudah krispi dan juga remahan kerupuk mie warna-warni.

Baca juga: Ogel-ogel, Oleh-Oleh Khas Pemalang yang Wajib Kalian Bawa Pulang!

Nah kalau Sobat Turisian ingin mencicipi lontong khas Pemalang ini, bisa mencarinya di sekitar Alun-Alun Pemalang. Salah satu pedagang yang populer, yaitu Lontong Dekem Pak Drajat yang terletak di Utara Masjid Jami’ Pemalang. Atau Lontong Dekem Pak Nasirin di selatan Nasi Grombyang H. Warso.*

Pos terkait