Ngalau Nan Panjang, Wisata Gua di Kabupaten Agam yang Menakjubkan

Ngalau Nan Panjang
Ngalau Nan Panjang Kabupaten Agam, Sumbar. (Source: Disparpora Kab. Agam)

TURISIAN.com – Jika Sobat Turisian bosan berwisata di Pulau Jawa atau Bali, sesekali bolehlah berkunjung ke Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Di sana banyak sekali objek wisata alam yang menakjubkan dan menarik untuk kalian kunjungi. Salah satunya ada wisata Ngalau Nan Panjang.

Objek wisata ini merupakan sebuah gua yang berada di Kawasan Jorong Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Berada di sini, Sobat Turisian bisa merasakan nuansa natural yang menyatu dengan alam. Karena ada daya tarik pesona alam, mulai gua, sungai, dan pepohonan rimbun.

Tambah lagi suasananya yang segar serta jauh dari keramaian, bakal bikin Sobat Turisian rileks. Begitu memasuki gua Ngalau Nan Panjang, kalian pun bisa menyaksikan indahnya kilauan batu-batu stalaktit dan stalagmit. Sebuah keindahan dalam kegelapan, Sob!

Baca juga: Danau Tarusan Kamang Kabupaten Agam Miliki Fenomena Alam yang Unik

Ngalau di Kabupaten Agam yang satu ini memiliki ukuran cukup besar hingga mencapai ketinggian mulut gua 25 meter dan lebar lebih dari 10 meter. Sehingga memberikan sensasi alam yang sangat kental dan menakjubkan kala memandangnya secara langsung.

Terlebih untuk menyeberangi sungai, Sobat Turisian harus menaiki perahu sewaan milik masyarakat sekitar dan bersedia untuk memandu kalian. Aliran sungainya cukup panjang, namun arusnya tidak deras.jadi dapat membuat rileks sambil menikmati suasana alam yang masih asri. Pas banget buat menghilangkan segala kepenatan.

Perlengkapan & Rute ke Ngalau Nan Panjang

Saat Sobat Turisian berkunjung ke objek wisata alam di Kabupaten Agam ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen berkesan ini lewat jepretan kamera. Oh iya, kalian juga harap memakai sepatu atau sandal yang tidak licin dan pengaman lainnya. Agar aman dan nyaman ketika sobat menjelajahi gua. Serta bawalah senter atau penerangan lainnya.

Baca juga: Wisata Religi ke Masjid Raya Bingkudu Kabupaten Agam yang Dibangun 1823

Ngalau Nan Panjang tersebut kabarnya menghubungkan antara Nagari Simarasok dengan Nagari Tabek Panjang. Untuk menuju ke sini, Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat hingga ke pintu gerbang gua. Dari Kota Bukittinggi menuju tempat ini, akan menempuh waktu sekitar satu jam lebih ke arah Kota Payakumbuh.*

 

Pos terkait