Danau Tarusan Kamang Kabupaten Agam Miliki Fenomena Alam yang Unik

Danau Tarusan Kamang
Danau Tarusan Kamang di Kabupaten Agam dengan hamparan rumput yang indah. (Source: Disparpora Kab. Agam)

TURISIAN.com – Kabupaten Agam menyimpan objek wisata alam Danau Tarusan Kamang yang unik. Terkenal dengan sebutan Telaga Ajaib karena memiliki fenomena alam yang aneh, yaitu airnya sering menghilang sewaktu-waktu, lalu muncul kembali. Wow menarik nih Sobat Turisian untuk dikunjungi!

Destinasi wisata ini terletak di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Keberadaan danau selama ini, masyarakat setempat memanfaatkannya sebagai tempat budi daya ikan, kubangan kerbau, memancing, dan mandi.

Ketika fenomena ajaib tersebut terjadi, airnya menghilang dan danau menjadi kering, hanya tampak hamparan rumput nan hijau memesona. ikan-ikan yang menghiasi danau pun banyak terperangkap dalam tambak-tambak milik warga. Di tempat ini ada beragam jenis ikan, seperti pantau, nila, rayo, panser, bada putih, dan lainnya.

Baca juga: Wisata Religi ke Masjid Raya Bingkudu Kabupaten Agam yang Dibangun 1823

Sobat Turisian yang berkunjung ke danau ini, bisa pula menikmati keindahan alam sekitar. Biar tambah seru, mesti mencoba berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Bagi pecinta wisata selfie, asyik juga berburu spot foto Instagramable di sekitar Danau Tarusan Kamang ini.

Fenomena Ajaib di Danau Tarusan Kamang

Objek wisata danau di Kabupaten Agam ini terkenal juga sebagai Telaga Ajaib. Tempat ini menyuguhkan hamparan rumput hijau yang menyejukkan mata. Uniknya, saat waktu tertentu, hamparan rumput akan tergenangi air yang berasal dari celah batu secara tiba-tiba. Kemudian di lain waktu air danau akan menghilang kembali tanpa ada yang tahu penyebabnya.

Proses menghilangnya air Danau Tarusan Kamang masuk ke dalam perut Bumi. Lalu muncul kembali di celah padang rumput yang hijau, tanpa bisa menebak waktunya. Fenomena ajaib ini, banyak pihak yang memperkirakan terjadi karena adanya sungai bawah tanah.

Bahkan, saat air danau keluar lagi, biasa terdengar letusan di kaki bukit. Terkadang suara terdengar dari beberapa tempat, mirip suara ketel air panas. Kemudian air mengalir dari balik lubang-lubang batu kapur di kaki bukit sekitar danau dan mengubah padang rumput itu menjadi danau.

Baca juga: Tiga Aktivitas Wisata Olahraga yang bisa Dinikmati di Destinasi Wisata Pariaman

Sebagai danau Karst atau dolina, ketika air tanah naik, maka lorong-lorong di bawah bukit batu gamping akan menyemburkan air dan menutupi padang rumput. Karena itu tampaklah Danau Tarusan Kamang yang luas. Wah keren banget, jadi penasaran buat lihat langsung ke lokasi, Sobat Turisian!*

 

 

 

Pos terkait