Terpukau dengan Keindahan Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota

Lembah Harau
Lembah Harau di Kab. Lima Puluh Kota, Sumbar. (Source: Disparpora Kab. Lima Puluh Kota)

TURISIAN.com – Mencari tujuan wisata yang tak biasa? Sobat Turisian bisa coba berkunjung ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Di daerah banyak hidden gem wisata alam yang memesona dan masih alami, salah satunya Lembah Harau.

Lembah yang indah dan memukau ini terletak di Kecamatan Harau, Nagari Harau, Jorong Lubuak Limpato. Sekitar 138 km dari Kota Padang dan sekira 47 km dari Bukittinggi.

Berjarak kurang lebih 18 km dari kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Lokasinya dapat Sobat Turisian tempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Tempat wisata ini memiliki panorama sekitar yang begitu indah. Berhiaskan batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Tambah hamparan permadani hijau persawahan yang menawan. Saking indahnya, Sobat Turisian bakal terpukau begitu melihatnya dari dekat.

Daya Tarik Utama Lembah Harau

Keindahan alamnya merupakan daya tarik utama dari objek wisata ini. Tebing dan bukit yang terjal, lembah yang subur dan indah, serta iklimnya yang sejuk, membuat Sobat Turisian betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

Baca juga: Inilah Deretan Spot Diving dan Snorkeling Terbaik di Sumatera Barat!

Menariknya lagi, di sini terdapat tujuh air terjun menawan yang mlengkapi kesempurnaan objek wisata ini. Di dalam kawasan Lembah Harau, Sobat Turisian juga bisa menikmati segarnya berenang di bawah siraman air terjun. Atau melakukan aktivitas seru lainnya, seperti menjelajah, berkemah, bersepeda, bahkan memanjat tebing Lembah Harau.

Di tempat wisata Kabupaten Lima Puluh Kota ini, juga tersedia beragam penginapan dan aula. Mulai dari yang bernuansa khas Minang hingga gaya modern. Buat anak-anak juga tersedia kawasan pulau yang memiliki fasilitas taman bermain, sepeda air, dan rumah pohon.

Bagi Sobat Turisian yang ingin mengadakan family gathering atau kegiatan perkemahan, bisa pilih area Sarasah Murai. Camping ground yang menawarkan area yang sangat luas dan juga rindang.

Aktivitas Wisata di Lembah Harau

Untuk Sobat Turisian yang suka aktivitas menantang, bisa coba panjat tebing di Lembah Harau. Ada beberapa spot yang menarik dan ditemani komunitas panjat tebing setempat.

Ada pula aktivitas sport tourism lainnya, yaitu trekking yang sangat menantang di area Ngalau Seribu. Di akhir petualangan tersebut, Sobat Turisian akan memperoleh pengalaman berkesan dan tak terlupakan terkait perjalanan wisata.

Baca juga: Menikmati Pesona Danau Maninjau yang Memukau, Terluas Kedua di Sumbar

Saat berkunjung ke Lembah Harau, Sobat Turisian juga bisa sekalian mampir ke jajaran gua di Ngalau Seribu. Baik yang ada di permukaan maupun yang ada di bawah tanah. Tak lupa juga untuk mengenal beragam tradisi lokal di tempat ini.*

Pos terkait