Tiga Mahasiswa UI Ini Menangkan Kompetisi Meracik Wewangian

Meracik Wewangian
Tiga mahasiswa UI (kiri-kanan) Evelyn Velencia Febita, Alvin Filipi dan Julieta Himawan berhasil menjuarai Kompetisi L’Oreal Indonesia Brandstorm 2023 (Instagram/@lorealindonesia)

TURISIAN.com – Kompetisi L’Oreal Indonesia Brandstorm 2023 kali ini dimenangkan oleh Tim Cakrawala yang berhasil meracik wewangian.

Beranggotakan tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI), dengan sebuah aplikasi mereka berhasil meracik wewangian.

Yakni, dikembangkan menggunakan teknologi Natural Language Processing dan kecerdasan buatan generatif GPT-4.

“Ide ini berawal dari hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa 85 persen orang ingin tampil wangi saat berada di luar,” kata dosen pembimbing Tim Cakrawala, Dr. Eng. Mia Rizkinia dalam siaran persnya, Minggu 2 April 2023.

Masih dalam penilitian tersebu, banyak yang memiliki koleksi parfum lebih dari satu dengan aroma berbeda untuk acara yang berbeda.

BACA JUGA: Workshop Pengembangan Bisnis Hadir Melalui Program PESATkan UMKM

“Kami terpikir untuk membuat satu aplikasi parfum yang dapat menghasilkan wangi berbeda-beda tergantung pada pilihan pengguna,” lanjutnya.

Di bawah bimbingan dari  Dr. Eng. Mia Rizkinia,  dan Siti Fauziyah Rahman, tiga mahasiswa Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang tergabung dalam Tim Cakrawala mengembangkan aplikasi untuk meracik wewangian.

Evelyn Velencia Febita, salah satu anggota Tim Cakrawala, menjelaskan bahwa aplikasi Personalized Perfumery System (PERFY) menggabungkan teknologi digital.

BACA JUGA: Kompetisi Memasak Inspirasi Resep Ramadan San Remo, Peserta Diuji Masak Pasta

Yaitu, dengan formulasi wewangian fisik untuk menawarkan sistem wewangian lebih lengkap kepada pengguna.

Teknologi Kecerdasan

Kemudian, dengan dukungan Natural Language Processing (NLP) dan teknologi kecerdasan buatan generatif GPT-4.

Aplikasi PERFY dapat memberikan rekomendasi parfum atau wewangian yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, kapanpun dan dimanapun.

Untuk mendapatkan rekomendasi parfum yang sesuai, pengguna dapat membuka aplikasi dan mengklik fitur Make My Personalized Scent.

BACA JUGA: 2.000 Tim Dibidik untuk Bisa Ikut Hetero for Startup di 7 Kota Indonesia

Dengan keberhasilannya itu, ketiga mahasiswa UI ini  akan mewakili Indonesia untuk bertanding dengan pemenang nasional dari 60 negara lainnya.

Kompetisi ini akan memasuki tahap semifinal dan final internasional pada bulan Mei & Juni mendatang.

Sementara itu, L’Oréal Brandstorm 2023 mengusung tema “Crack the New Codes of Beauty”. Memberi kesempatan kepada para inovator muda untuk menjelajah beauty playground baru.

Dimana lebih ditekankan pada inovasi berbasis teknologi artificial intelligence (AI), augmented reality (AR), virtual reality (VR), gaming, metaverse, dan non-fungible tokel (NFT) untuk diaplikasikan di industri kecantikan. ***

 

Pos terkait