Piknik Akhir Pekan ke Danau Tahai Palangkaraya yang Unik dan Cantik

Danau Tahai Palangkaraya
Danau Tahai Palangkaraya, Kalteng. (Source: Disparbudpora Palangkaraya)

TURISIAN.com – Mengisi akhir pekan enaknya pergi piknik bersama keluarga ke tempat wisata yang menarik. Nah jika Sobat Turisian sedang berada di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) bisa habiskan liburan akhir pekan dengan pergi ke Danau Tahai.

Danau yang unik dan cantik ini memiliki asal-usul dengan dua versi yang berbeda berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat. Versi pertama mengatakan, Danau Tahai ini terbentuk karena akumulasi genangan air di lokasi penambangan pasir. Sedangkan versi kedua, karena adanya perubahan aliran Sungai Kahayan, sehingga mengakibatkan genangan air yang tidak mengikuti aliran sungai tersebut.

Dari kedua versi tersebut, hingga saat ini memang belum ada data resmi mengenai terbentuknya Danau Tahai. Di daerah Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangkaraya sendiri banyak sekali danau. Tetapi yang menjadi favorit masyarakat, yakni danau yang satu ini.

Daya tarik yang menjadi keunggulan danau tersebut, karena ada beberapa keistimewaan tersendiri daripada danau-danau lainnya di Palangkaraya. Antara lain warna airnya yang merah kehitaman. Berdasarkan hasil penelitian, warna merah tersebut terbentuk karena airnya berasal dari air tanah gambut dan akar-akar pohon di lahan gambut tersebut.

Keistimewaan Danau Tahai yang lain, tentu panorama alam sekitar yang bikin kagum. Di sini Sobat Turisian bisa menikmati keindahan alam dengan pehononan rindang di sekitar danau. Sehingga tampak asri dan udaranya cukup menyegarkan.

Baca juga: Danau Hanjalutung, Spot yang Pas Buat Liburan Keluarga di Palangkaraya

Sobat Turisian juga bakal menyaksikan keunikan lain di danau tersebut. Yaitu, adanya deretan rumah terapung milik warga setempat, namanya Rumah Lanting. Tersedia pula pendopo-pendopo tempat beristirahat dan bersantai menikmati pesona tempat ini.

Fasilitas dan Wahana Wisata

Liburan di Danau Tahai Palangkaraya pun makin nyaman dan membuat betah, sebab sudah ada dukungan berbagai fasilitas dan wahana bermain yang bisa Sobat Turisian sewa. Seperti sepeda angsa, perahu dayung, tempat karaoke, rumah makan, musala, toilet. Serta lahan parkir yang memadai, lengkap dengan pos keamanan.

Kemudian buat Sobat Turisian yang ingin bermalam di objek wisata tersebut, sudah tersedia fasilitas penginapan. Berupa rumah/homestay dengan kisaran harga mulai dari Rp75.000,- sampai Rp200.000,- per malam.

Selanjutnya, sekira 1 km dari Danau Tahai juga terdapat penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng. Penangkaran ini milik Yayasan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation).

Sayangnya, penangkaran tersebut tidak buka untuk umum karena bukan suatu tujuan wisata. Namun Sobat Turisian tidak perlu kecewa karena masih bisa melihat orang utan di Pulau Kaja yang terletak di Desa Sei Gohong.

Lokasi & Akses Menuju Danau Tahai

Destinasi wisata alam yang satu ini berada di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Palangkaraya. Atau membutuhkan waktu kurang lebih 20-60 menit berkendara.

Baca juga: Jelajah Wisata Arboretum Nyaru Menteng di Palangkaraya

Letak Danau Tahai memang sedikit agak masuk ke dalam, sekira 3 km dari pinggir jalan raya. Namun Sobat Turisian tidak perlu khawatir, karena aksesnya sudah cukup mudah dan sudah beraspal bagus. Kalian bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi atau umum. Tempat ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore.*

Pos terkait