Danau Hanjalutung, Spot yang Pas Buat Liburan Keluarga di Palangkaraya

Danau Hanjalutung
Danau Hanjalutung Palangkaraya, Kalteng. (Source: Disparbudpora Palangkaraya)

TURISIAN.com – Saat berkunjung ke Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sobat Turisian bisa ajak keluarga jalan-jalan ke Danau Hanjalutung. Mesti belum terlalu terekspos, namun tempat ini sangat menarik untuk tujuan wisata bersama keluarga atau teman-teman.

Objek wisata danau tersebut berlokasi di Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangkaraya. Dengan luas mencapai 12 hektare dan kedalamannya mencapai 7 meter.

Danau Hanjalutung ini masih terhubung dengan Sungai Rungan. Di dalamnya hidup berbagai jenis ikan air tawar seperti jelawat, baung, tahuman, saluang, dan lainnya.

Banyaknya ikan yang hidup, menjadikan danau ini sebagai spot wisata mancing yang menarik untuk Sobat Turisian coba. Banyak pula warga setempat yang memanfaatkannya sebagai tempat budidaya ikan.

Panorama alam yang tersaji di Danau Hanjalutung juga cukup indah. Sangat menarik untuk Sobat Turisian nikmati dengan duduk-duduk santai di pinggiran danau, sembari melepas kepenatan.Tampak pula aktivitas masyarakat setempat yang mencari ikan.

Baca juga: Jelajah Wisata Arboretum Nyaru Menteng di Palangkaraya

Suasananya yang asri dengan banyaknya flora yang tumbuh dan kicauan burung nan merdu, serta udara yang segar, menambah kenyamanan tempat wisata ini. Sungguh menenangkan tubuh dan pikiran.

Setelah puas mengeksplorasi kawasan Danau Hanjalutung, Sobat Turisian bisa beristirahat sambil menyantap aneka kuliner khas Dayak. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen-momen indah dan menarik kala berada di objek wisata tersebut.

Sebagai destinasi wisata, objek wisata danau ini sudah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang. Seperti kamar mandi, toilet, area parkir, dan fasilitas lainnya. Enaknya, masuk ke sini Sobat Turisian tak usah bayar tiket masu karena gratis. Kecuali parkir kendaraan mesti bayar, untuk motor seharga Rp3.000,00 dan untuk kendaraan roda empat termasuk bus wisata sebesar Rp5.000,00.

Akses Menuju Danau Hanjalutung

Untuk menuju destinasi danau tersebut, Sobat Turisian bisa berangkat dari pusat Kota Palangkaraya dengan jarak sekitar 16 km. Dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Baca juga: Berkunjung ke Betang Mandala Wisata, Replika Rumah Adat Dayak

Akses ke Danau Hanjalutung pun cukup mudah karena kondisi jalannya sudah bagus. Tetapi ketika musim hujan, untuk menuju lokasi danau hanya dapat kalian tempuh melalui jalur sungai. Dengan mengunakan perahu klotok atau alkon milik warga setempat.*

 

Pos terkait