Jelajah Wisata Arboretum Nyaru Menteng di Palangkaraya

Arboretum Nyaru Menteng
Arboretum Nyaru Menteng Palangkaraya, Kalteng. (dok. Disparbudpora Palangkaraya)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang senang jelajah wisata di alam terbuka bisa coba berkunjung Arboretum Nyaru Menteng di Kota Palangkaraya. Di sini tak hanya wisata, tapi kalian juga bisa sambil belajar mengenal flora dan fauna khas Kalimantan.

Objek wisata ini pada dasarnya merupakan kawasan hutan lindung yang di dalamnya terdapat spesies flora dan fauna. Serta menjadi kawasan pelestarian plasma nutfah ekosistem hutan rawa. Termasuk ke tipe hutan tropika dataran rendah, dengan kondisi tanah berawa dan bergambut. Jenis tanah terdiri dari aluvial, organosol, pasir kuarsa dengan drainase tergenang.

Arboretum Nyaru Menteng terletak di Kelurahan Tumbang Tahay, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Luas areanya mencapai 65,2 hektare dengan ketinggian wilayah 20 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Berkunjung ke Betang Mandala Wisata, Replika Rumah Adat Dayak

Daya tarik objek wisata yang satu ini terletak pada pesona keindahan alamnya yang berupa hutan tropis. Selain itu, ada keanekaragaman flora dan fauna khas Kalimantan Tengah serta tersedia tempat informasi tentang orang utan.

Fasilitas di Arboretum Nyaru Menteng

Sebagai objek wisata minat khusus, tempat ini sudah memiliki berbagai fasilitas penunjang. Seperti tempat parkir, toilet, penerangan listrik, sarana ibadah, tempat sampah, dan gazebo. Untuk masuk ke sini, Sobat Turisian tidak dipungut biaya, tetapi harus menggunakan izin dari dinas terkait.

Fasilitas lain yang terdapat di Arboretum Nyaru Menteng, yaitu Orang Utan Reintroduksi Pusat Informasi, ruang pertemuan, shelter, pondok, parkir, pos jaga dan MCK. Kegiatan yang dapat Sobat Turisian lakukan adalah konservasi pendidikan ekosistem, pengenalan ekosistem rawa gambut, dan membina cinta alam (untuk para pelajar).

Sobat Turisian dapat mengaksesnya menggunakan kendaraan bermotor, baik sepeda motor, mobil, dan bus pariwisata. Jarak tempuhnya sekitar 28 km dengan durasi perjalanan kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Palangkaraya.

Baca juga: Menyusuri Keindahan Air Terjun Batu Mahasur Kalteng

Rute menuju kawasan Arboretum Nyaru Menteng Palangkaraya dapat Sobat Turisian tempuh melalui Jalan Tjilik Riwut menuju Tangkiling. Kmeudian tiba di KM 28, tinggal belok kanan menuju Taman Danau Tahai.*

 

 

Sumber: Dispar Prov. Kalteng

Pos terkait