Menyusuri Keindahan Air Terjun Batu Mahasur Kalteng

Air Terjun Batu Mahasur
Air Terjun Batu Mahasur Kab. Gunung Mas, Kalteng. (Source: Pemkab Gunung Mas)

TURISIAN.com – Air Terjun Batu Mahasur merupakan salah satu objek wisata alam unggulan di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng). Dengan ketinggian mencapai 15 – 20 meter, air terjun ini bisa menghipnotis Sobat Turisian begitu melihatnya langsung.

Kawasan wisata air terjun di Gunung Mas ini memiliki luas area mencapai 1, 5 hektare. Di sini Sobat Turisian dapat menikmati keindahan air yang mengalir menuju kolam besar di bawahnya. Sehingga kalian bisa berenang atau sekadar bermain air di kolam tersebuut untuk merasakan kesegarannya.

Selain menikmati pesona Air Terjun Batu Mahasur, Sobat  juga bisa memanjakan tubuh dengan udara yang sejuk dan suasana asri dari rindangnya pepohonan yang mengelilingi air terjun. Cocok sekali buat merelaksasi pikiran yang penat akibat rutinitas sehari-hari.

Tak hanya itu, saat berada di sini Sobat Turisian pun bisa sekaligus belajar mengenal beragam pohon. Pasalnya, semua jenis pohon yang ada di kawasan air terjun tersebut sudah lengkap dengan data nama dan jenisnya. Oh iya, air terjun yang satu ini termasuk kelompok air terjun bertipe plunge dengan aliran tunggal.

Baca juga: Berkunjung ke Betang Mandala Wisata, Replika Rumah Adat Dayak

Walau terkenal dengan aliran abadinya, Air Terjun Batu Mahasur yang berada di aliran Sungai Raung tersebut bisa kering di kala musim kemarau ekstrem. Hal tersebut karena Sungai Raung yang tidak terlalu panjang dan tidak memiliki daerah tangkapan air yang sangat luas.

Di samping itu, masyarakat setempat memercayai aliran Sungai Raung dan air terjun abadi ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan membuat awet muda. Di sepanjang aliran sungai yang bermuara ke Sungai Kahayan itu, dulu terdapat Sandung, yaitu rumah leluhur dari Suku Dayak.

Sandung tersebut menjadi tempat kerangka dari jenazah leluhur yang sebelumnya telah dikubur dan sudah melewati Upacara Tiwah untuk pengangkatan kerangkanya kembali. Oleh karena itu, lokasi Air Terjun Batu Mahasur juga terkenal sebagai tempat keramat. Setiap pengunjung harus bersikap dan berlaku sopan.

Fasilitas & Lokasi Air Terjun

Letaknya yang sangat dekat dengan pusat kota, membuat objek air terjun ini menjadi tempat rekreasi favorit bagi warga Kuala Kurun. Di sini pun sudah tersedia fasilitas pendukung yang memadai, seperti panggung hiburan, gazebo, ruang ganti, toilet, dan rumah jaga.

Baca juga: Jelajah Wisata Alam ke Air Terjun Bedawat, Hidden Gem Kalbar yang Memukau

Air Terjun Batu Mahasur sendiri berlokasi di Desa Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah. Berjarak kurang lebih 2 km dari pusat kota Kuala Kurun, ibu kota Kabupaten Gunung Mas.*

Pos terkait