Jelajah Wisata Alam ke Air Terjun Bedawat, Hidden Gem Kalbar yang Memukau

Air Terjun Bedawat
Air Terjun Bedawat Kabupaten Landak, Kalbar. (Source: Disporapar Kab. Landak)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang hobi jelajah wisata alam yang tak biasa atau masih alami, wajib coba mengunjungi Air Terjun Bedawat yang memukau. Objek wisata yang cantik ini berada di tengah hutan tropis yang asri dan sejuk.

Lokasinya terletak di Desa Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar). Meski berada di kawasan Desa Sempatung lawek, namun akses masuk ke destinasi wisata alam tersebut lebih dekat ke Desa Dange Aji.

Air terjun ini pun terkenal juga dengan sebutan Riam Bedawat atau Air Terjun Riam Unga Bedawat. Perkiraan ketinggiannya lebih dari 50 meter dengan debit airnya yang sangat besar. Keistimewaannya, memiliki beberapa tingkatan serta anakan air terjun yang indah dan memanjakan mata pengunjung.

Kata Riam sendiri merupakan sebutan sungai yang berarus deras dan banyak bebatuan di wilayah Kalimantan. Riam juga menjadi sebutan orang Kalimantan untuk menamai sebuah air terjun. Jadi air terjun di Kalimantan sering disebut sebagai riam.

Objek Air Terjun Bedawat menjadi destinasi favorit kelompok pecinta alam. Serta tercatat beberapa kali ada kunjungan sekelompok wisatawan dari mancanegara yang menyukai wisata lintas alam dan ekowisata.

Baca juga: Menyusuri Kekayaan Rupa dan Istana Keraton Kadariah Pontianak

Suasana sekitarnya masih sangat alami dan jauh dari keramaian. Tampak pula pepohonan besar begitu rapat, sehingga menghasilkan udara yang segar dan menyejukkan. Kicau burung dan suara satwa-satwa lain juga masih terdengar jelas.

Di sini kalian bisa merelaksasi tubuh dan pikiran untuk melepas kepenatan dari rutinitas. Jangan lupa juga untuk berburu foto-foto ciamik nan eksotik, tentunya instagenic banget buat koleksi di medsos kalian.

Akses ke Air Terjun Bedawat

Untuk menuju objek wisata air terjun tersebut, Sobat Turisian bisa berangkat dari Kota Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Dengan waktu tempuh menuju ke Desa Dange Aji kurang lebih 8 jam menggunakan kendaraan roda dua.

Meski bisa juga memakai kendaraan roda empat namun akses jalan yang sebagian besar berupa tanah kuning dan becek di kala hujan. Anjurannya kalian mengendarai sepeda motor tipe adventure untuk menuju ke Air Terjun Bedawat. Karena akan melalui jalur beragam tanjakan, jalan lumpur, dan turunan tajam.

Setibanya di Desa Dange Aji, Sobat Turisian wajib melakukan registrasi atau daftar mengisi buku tamu, serta membayar tiket sekitar Rp30.000 per orang. Dari situ perjalanan lanjut dengan naik motor lagi hingga tiba di area parkir, dengan durasi perjalanan sekira 45 menit.

Baca juga: Yuk Cobain Pacri Nanas, Gulai Isi Buah Nanas Khas Pontianak!

Kemudian dari tempat parkir, Sobat Turisian bisa melanjutkan dengan berjalan kaki menuju Air Terjun Bedawat. Jalurnya melintasi kawasan hutan lebat dengan pepohonan besar. Perjalanan jalan kaki tersebut dapat kalian lakukan selama 45 menit hingga satu jam.

Pos terkait