Tiga Wisata Susur Sungai di Pulau Kalimantan yang Mesti Dicoba Sensasinya

wisata susur sungai kalimantan
Sungai Kapuas di Kalimantan Barat terpanjang di Indonesia.

TURISIAN.com – Pulau Kalimantan terkenal dengan sejumlah sungai panjang dan besar, bahkan salah satunya menjadi yang terpanjang di Indonesia. Keberadaan sungai-sungai itu pun menjadi objek wisata susur sungai Kalimantan yang cukup menarik. Sobat Turisian mesti coba rasakan sensasinya!

Berikut ini ada tiga objek wisata susur Pulau Kalimantan yang rekomended dan tersebar di tiga provinsi. Yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Nah inilah Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Kalimantan Barat. Panjangnya mencapai 1.143 km dengan hulu di Pegunungan Muller dan hilirnya di Selat Karimata. Wow, Sobat Turisian pasti puas menyusuri sungai sepanjang ini!

Saking panjangnya, Sungai Kapuas ini melewati Kota Pontianak dan empat kabupaten lainnya. Untuk merekam setiap sudut keelokan Sungai Kapuas, Sobat Turisian bisa menyusurinya dengan kapal wisata.

Baca juga: Pantai Pasir Panjang Singkawang yang Menenangkan, Cocok Buat Healing

Lokasi untuk naik kapal wisata tersebut berada di Taman Alun Kapuas, Kota Pontianak. Sobat Turisian bisa menaiki kapal ini mulai dari jam 6 pagi hingga jam 8 malam.

2. Sungai Sekonyer, Kalimantan Tengah

wisata susur sungai Kalimantan

Bergeser ke Kalimantan Tengah, Sobat Turisian bisa merasakan sensasi wisata susur sungai Kalimantan yang terkenal sebagai Amazon-nya Indonesia. Namanya Sungai Sekonyer, yang berada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sungai Sekonyer bisa Sobat Turisian susuri menggunakan Perahu Kelotok. Jenis perahu tradisional masyarakat setempat yang terbuat dari kayu ulin.

Petualangan Sobat Turisian untuk menyusuri sungai yang asri ini akan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Sepanjang perjalanan akan ada sajian pemandangan hutan hujan, semak-semak, serta flora dan fauna khas TNTP yang memukau.

3. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

wisata susur sungai kalimantan

Kalau Kapuas sebagai yang terpanjang di Indonesia, nah yang satu ini merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur, yaitu Sungai Mahakam. Nama sungainya sendiri sudah terdengar familier di masyarakat Indonesia.

Aliran sungai yang besar ini membelah Kota Samarinda, melewati Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan bermuara di Selat Makassar. Untuk wisata susur sungai Kalimantan ini, kini pemerintah setempat telah menyediakan kapal wisata dengan nama awal “pesut”, yaitu nama mamalia air tawar khas Sungai Mahakam.

Baca juga: Bontang Kuala, Pelopor Desa Wisata di Kalimantan Timur

Kapal wisata tersebut menyediakan banyak rute dengan durasi perjalanan berkisar 2 hingga 5 jam. Tergantung rute yang Sobat Turisian pilih. Titik keberangkatannya berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Itulah destinasi wisata susur sungai di Pulau Kalimantan yang menarik dan seru untuk Sobat Turisian rasakan sensasinya bersama keluarga atau teman-teman. Oh iya, perlu diingat, saat Sobat Turisian melakukan wisata susur sungai ini, pastikan untuk mematuhi prosedur keamanan yang diinstruksikan oleh pemandu wisata setempat, ya!*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait