Pantai Pasir Panjang Singkawang yang Menenangkan, Cocok Buat Healing

Pantai Pasir Panjang Singkawang
Pantai Pasir Panjang Singkawang, Kalbar. (Disparpora Singkawang)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian bosan liburan di wilayah Jawa dan Bali, bisa mencoba menyeberang ke Kalimantan Barat, tepatnya di Kota Singkawang. Di kota ini ada destinasi pantai yang bikin hati tenang, cocok buat Sobat Turisian yang ingin healing. Tempatnya yaitu Pantai Pasir Panjang.

Pantai Pasir Panjang berlokasi di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Kota Singkawang sendiri letaknya berbatasan langsung dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia. Berjarak sekitar 142 kilometer dari Kota Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat.

Kalau dari Bandara Supadio atau Terminal Bus Pontianak, Sobat Turisian dapat naik taksi, travel, atau bus sampai Kota Singkawang. Lalu dari pusat Kota Singkawang ke Pantai Pasir Panjang berjarak sekitar 17 km. Sobat Turisian dapat mengaksesnya dengan menggunakan taksi, bus, atau minibus.

Nama Pantai Pasir Panjang muncul karena pantainya membentang panjang melengkungi laut lepas. Di tempat wisata ini, Sobat Turisian bisa berenang di pantai. Jangan lewatkan pula momen matahari terbenam atau sunset di pantai ini yang sangat eksotis dan indah. Hingga tak heran bila pantai ini ramai di kala sore hari.

Fasilitas & Wahana Permainan Pantai Pasir Panjang

Objek wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang juga lengkap dengan fasilitas dan wahana permainan yang seru. Ada pusat informasi pariwisata, penyewaan speed boat, sepeda air, darmoling, gokart, shelter-shelter, pondok wisata, dan toko suvenir. Lalu ada bumi perkemahan, cottage, banana boat, sirkuit balap motor, serta transportasi penyeberangan ke Pulau Randayan.

Bagi Sobat Turisian yang tak tertarik berenang di pantai, bisa memilih berenang di kolam yang telah tersedia di kawasan wisata ini. Sedangkan yang tidak suka berenang atau pun berjemur dapat mengelilingi pantai dengan naik banana boat.

Baca juga: Menyusuri Kekayaan Rupa dan Istana Keraton Kadariah Pontianak

Terdapat juga area bermain untuk anak-anak yang menyenangkan. Jadi Pantai Pasir Panjang pun pas buat tujuan liburan keluarga. Untuk akomodasi penginapan tak usah khawatir karena sudah banyak hotel atau penginapan di tempat wisata Singkawang ini.

Ada juga beberapa restoran dan café serta warung-warung kecil. Mereka menjual dan menyediakan pilihan berbagai macam makanan yang dapat memanjakan lidah Sobat Turisian.

Panorama Pantai Pasir Panjang Singkawang

Di tepi Pantai Pasir Panjang Singkawang ini, Sobat Turisian dapat menikmati panorama laut biru berlatar birunya kaki langit. Samar-samar di kejauhan membias hijau Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dipagari perairan Laut Natuna.

Hamparan pasir pantai yang membentang luas dan bersih, membuat kawasan ini nyaman sebagai spot untuk berjemur atau melakukan aktivitas olahraga. Seperti voli pantai dan sepakbola pantai. Makanya akan lebih asyik jika Sobat Turisian datang bersama orang-orang tercinta.

Liburan ke Pantai Pasir Panjang pun terbilang murah dan tepat untuk melepas penat yang membebani pikiran selama sepekan bekerja. Menyegarkan pikiran sejenak dari rutinitas yang membebani dapat Sobat Turisian lakukan di pantai ini.

Baca juga: Yuk Cobain Pacri Nanas, Gulai Isi Buah Nanas Khas Pontianak!

Hawa di sekitar pantai pun cukup sejuk dan alamnya indah. Dijamin Sobat Turisian tidak akan rugi bila mengunjungi pantai yang eksotis nan menawan ini. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp.20.000 per orang.*

 

Pos terkait