Yuk Cobain Pacri Nanas, Gulai Isi Buah Nanas Khas Pontianak!

Pacri Nanas Pontianak
Pacri Nanas Pontianak. (dok. Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Saat berlibur ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat, jangan Sobat Turisian cobain makanan khas Pacri Nanas atau Gulai Nanas. Keunikannya, jenis gulai ini berisi nanas, bukan daging seperti gulai pada umumnya.

Meski berbahan buah-buahan, namun gulai versi vegetarian ini mempunyai cita rasa yang lezat. Karena potongan nanas berpadu dengan kuah kemerahan yang gurih, layaknya kuah gulai yang lain. Begitu menyantapnya, barulah terasa keistimewaan rasa gulai ini.

Masyarakat Pontianak biasa menyantap gulai nanas bersama nasi, sambal ebi, dan sayur terong. Sepintas penampilan gulai nanas mirip acar dengan rasa asam, manis, dan asin. Bercampur menjadi perpaduan yang sempurna.

Baca juga: 8 Menu Takjil Buka Puasa Khas Ramadan dari Berbagai Daerah

Wangi dan kesegaran potongan buah nanas berpadu dengan cabai merah dan aroma bunga lawang menambah keistimewaan kuliner khas Pontianak tersebut. Tekstur nanas yang lembut, berserat, berbalut rasa segar, dan berbumbu, membuat siapa pun akan mudah jatuh hati pada hidangan yang satu ini.

Bumbu pada Pacri Nanas terbuat dari sekitar 15 jenis rempah dan bumbu tradisional. Sehingga tak heran jika rasanya sangat gurih, beraroma kuat dan wangi, serta yang pasti lezat. Sementara rasa gurih yang mendominasi berasal dari santan kental.

Nah, untuk aroma yang kuat dan menggoda selera dari gulai nanas hasil dari perpaduan antara pala, kapulaga, sereh, bunga lawang, cengkeh, dan kayu manis. Cita rasanya semakin sempurna karena ada tambahan bawang putih, bawang merah, dan cabai yang kepedasannya bisa diatur sesuai selera.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

Gulai Nanas ini sendiri tergolong kuliner khas Melayu. Makanya, selain populer di Kalimantan Barat, gulai nanas juga dapat Sobat Turisian temukan di beberapa daerah, seperti Aceh dan Sumatera Utara.*

 

Pos terkait