Situ Cisamping, Alternatif Wisata Pangandaran Selain Pantai

Situ Cisamping Pangandaran
Situ Cisamping Pangandaran. (dok. Disparbud Pangandaran)

TURISIAN.com – Wisata ke Pangandaran pasti kangen dengan suasana pantai, bersepeda keliling kompleks tempat wisata, atau makan aneka seafood. Nah jika nanti berlibur ke sana lagi, Sobat Turisian wajib mampir ke Situ Cisamping yang terkenal dengan airnya yang bening.

Situ Cisamping bisa menjadi alternatif wisata Pangandaran selain pantai. Tempat wisata ini berupa situ atau danau berair bening dengan suasana yang asri. Keistimewaannya, menurut masyarakat setempat airnya tak pernah surut meski di musim kemarau.

Panorama alam tempat wisata Pangandaran ini sangat indah, berhawa sejuk, air danaunya bening, serta pepohonan rimbun di sekitar danau. Berpadu ciamik dengan semilir angin, sungguh memanjakan dan menyegarkan tubuh. Sobat Turisian yang ingin melapas penat dari rutinitas keseharian cocok datang ke sini.

Objek wisata ini pun pas buat tujuan liburan keluarga. Selain pemandangan alam, tempat ini juga menyajikan beragam atraksi wisata dan fasilitas penunjang. Sobat Turisian bisa berenang, berkemah, memancing, atau berkeliling danau menggunakan perahu bebek gowes.

Baca juga: Bertandang ke Rumah Para Penyu di Tanah Lot-nya Warga Jabar, Batu Hiu Pangandaran

Menikmati suasana dengan jalan-jalan melihat aktivitas keseharian penduduk sekitar situ juga cukup mengasyikkan. Jika ingin bermala-malasan, bisa memilih duduk-duduk santai untuk sekadar relaksasi mata memandang pesona asri  Situ Cisamping.

Fasilitas wisata yang tersedia di destinasi wisata alam Situ Cisamping cukup lengkap. Antara lain musala, dapur umum, kamar mandi, rest area, area parkir, dan lainnya. Selain sebagai destinasi wisata, Situ Cisamping dengan airnya yang bening itu menjadi sumber air untuk kebutuhan sehari-hari warga sekitar.

Lokasi & Akses ke Situ Cisamping

Lokasi danau di Pangandaran ini berada di jalur menuju ke arah Pantai Batu Karas. Sehingga bisa menjadi objek tambahan dan alternatif berwisata. Jadi Sobat Turisian bisa mampir dulu menyegarkan tubuh dan pikiran ke Situ Cisamping sebelum bermain ombak di Batukaras.

Destinasi wisata alam Pangandaran tersebut, terletak di Dusun Mandala, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Berjarak sekitar 26 km dari Bundaran Marlin Pangandaran ke arah Pantai Batukaras.

Baca juga: Unik dan Indah, Danau Kaolin Bangka Miliki Dua Warna Air

Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian bisa mengikuti papan petunjuk arah yang sudah terpasang di sepanjang perjalanan. Moda transportasinya bisa menggunakan kendaraan sewa atau pribadi dengan waktu tempuh sekitar 44 menit dari Tugu Marlin.*

Pos terkait