Selisik Misteri Lukisan Mirip Alien di Dinding Gua Kontilola Wamena

Gua Kontilola Wamena
Lukisan Misterius di Dinding Gua Kontilola (Source: FB Atlantis Indonesia)

TURISIAN.com – Tanah Papua memang banyak menyimpan sejuta pesona, dari mulai ptensi alam hingga misteri-misteri budaya yang belum terungkap. Seperti misteri lukisan mirip sosok alien di dinding Gua Kontilola, Wamena. Ada tiga sosok menyerupai alien pada lukisan dinding tersebut.

Sebelum menelisik lebih jauh, kita kenali dulu Gua Kontilola Wamena ini, Sobat Turisian! Bersumber dari laman Pesona Indonesia, Kemenparekraf, nama Gua Kontilola berasal dari bahasa Papua. Terdiri dari kata “Konti” yang berarti kelelawar dan “Eiola” berarti lubang besar atau gua. Maka Kontilola berarti sebagai gua kelelawar.

Hal tersebut sesuai fakta di lapangan, di gua ini memang hidup ratusan atau bahkan mungkin ribuan kelelawar. Semakin masuk ke dalam gua, kian banyak bertemu koloni kelelawar. Tampak juga tumpukan kotoran kelelawar yang banyak di lantai gua. Saat sore hari, koloni kelelawar akan keluar dari gua untuk mencari makanan.

Lokasi Gua Kontilola terletak di Lembah Baliem, salah satu tempat wisata populer Wamena. Jarak gua dengan pusat kota sekitar 25 km. Perjalanan ke sana butuh perjuangan, Sobat Turisian harus mendaki perbukitan yang cukup terjal dan menaiki anak tangga untuk mencapai mulut gua. Jadi perlu jasa pemandu untuk membantu menuju gua.

Meski harus menempuh perjalanan yang berat, tapi Sobat Turisian akan terobati kala tiba di mulut gua. Di situ sudah tersaji aula besar alami berhiaskan stalaktit dan stalakmit yang indah. Tak jauh dari situ, terdapat aula kedua yang tak kalah besar dan juga memesona.

Baca juga: Menjelajahi Goa Terawang Blora yang Memukau

Suasananya masih sangat alami dan belum terjamah sentuhan teknologi modern. Udara dingin dan lembab akan langsung terasa begitu memasuki gua. Hingga kini kedalaman gua pun belum diketahui secara pasti karena belum ada penelitian.

Gua Kontilola Wamena
Gua Kontilola Wamena. (dok. Kemenparekraf)
Gambar Alien di Gua Kontilola

Daya tarik utama Gua Kontilola, yakni misteri lukisan atau gambar di dinding tadi. Gambar pada lukisan ini tidak seperti perwujudan manusia, namun lebih menyerupai sosok alien yang sering kita jumpai di film-film Hollywood.

Ada tiga makhluk mirip alien berwajah aneh dengan jari berjumlah empat. Masyarakat setempat percaya pada masa lalu terdapat alien atau makhluk asing yang tinggal di dalam gua dan menggambar sesuai wujud mereka.

Posisi lukisannya terletak pada permukaan dinding gua yang sangat tinggi. Secara visual, 2 dari 3 sosok itu terlukis jelas dengan bentuk kepala yang bulat hampir sempurna. Sedangkan sosok satu lagi di ujung kanan terlukis kurang jelas.

Gambar misterius di Gua Kontilola ini sangat jauh dari wajah manusia karena memiliki telinga kecil dan panjang. Bentuk mata yang bulat tanpa bulu mata, semakin membuat lukisan tampak aneh.

Perkiraan manusia purba Papua pada zaman dahulu belum mampu untuk mencapai bagian dinding tempat lukisan itu berada. Masyarakat setempat meyakini lukisan dinding tersebut bukanlah buatan manusia karena sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka.

Baca juga: Yuk Kita Foto-Foto Cantik di Taman Wisata Hutan Mangrove Klawalu Sorong!

Hingga kini belum ada sumber pasti yang dapat mengungkap misteri lukisan ini. Masih banyak pro dan kontra mengenai lukisan di dalam gua ini. Tetapi di luar itu semua, Gua Kontilola menyuguhkan pesona eksotis nan indah untuk kepuasan petualangan di alam terbuka.*

Pos terkait