7 Jenis Rujak Khas Indonesia yang Serba Sehat dan Nikmat

Rujak Khas Indonesia
Ilustrasi. Kuah pindang kepala pati khas Bali. (Foto: Indonesia.travel)

TURISIAN.com – Siapa sih yang enggak menyukai buah-buahan. Termasuk yang dibuat menjadi rujak khas Indonesia.

Begitulah istimewanya di Indonesia. Hadiah dari alam yang satu ini kerap dimakan langsung atau disantap dengan bumbu rujak.

Nah, berbicara soal rujak, ternyata citarasanya tidak sebatas pedas lho. Bahkan di sejumlah daerah di Indonesia, terdapat sajian rujak yang cukup unik karena memiliki rasa yang gurihnya bikin nagih!

Supaya tidak menyesal, tidak ada salahnya untuk mencicipi aneka citarasa rujak dari berbagai daerah di Indonesia yang lezatnya sudah menjadi bagian dari budaya.

Dikutip TURISIAN.com- dari Indonesia.travel pada Rabu, 6 April 2022, berikut adalah 7 jenis rujak khas Indonesia yang bisa membuat indra perasamu berkelana menyelami kekayaan tradisi nusantara melalui ragam olahannya.

BACA JUGA: Lepaskan Dahaga Setelah Berpuasa dengan Kesegaran Rujak Es Krim Jogja

1.Rujak Juhi, Jakarta

Jangan jauh-jauh dulu deh, mari kita mulai dari Ibu Kota Jakarta yang memiliki rujak juhi sebagai salah satu hidangan khasnya.

Sajian khas Betawi ini menjadikan cumi-cumi yang telah difermentasi sebagai bahan utamanya, kemudian disajikan dengan campuran lainnya seperti kol, kentang, selada, timun serta kerupuk mie kuning sebagai bahannya.

Rasa segar rujak juhi diperoleh ketika seluruh bahan tersebut disiram dengan saus kacang yang rasanya dijamin nagih!

3. Rujak Cingur, Surabaya

Ini nih, salah satu rujak yang namanya sudah sangat terkenal seantero negeri, bahkan saking terkenalnya rujak cingur, sobat turisian bisa dengan mudah menemukan sajian ini di hampir setiap sudut Kota Surabaya.

Seperti namanya, olahan ini terbuat dari cingur atau lidah sapi yang terlebih dahulu direbus dengan suhu tinggi sampai teksturnya empuk.

Kemudian, cingur sapi disajikan bersama dengan bahan pelengkap lainnya seperti irisan buah dan sayur.

Akan terasa semakin sempurna ketika seluruh bahan berpadu dengan siraman saus kacang gurih.

BACA JUGA: 9 Jajanan Khas Banyuwangi yang Bikin Ngakak Tapi Ngangenin

Menggunakan Kepala Ikan

3. Rujak Kuah Pindang, Bali

Ketika sobat Turisian berlibur ke Bali, pastikan menu ini masuk ke dalam daftar sajian khas yang wajib untuk dicoba. Sebab rujak kuah pindang Bali ini sangat jarang ditemukan di luar pulau Bali.

Terdiri dari berbagai irisan buah segar seperti jeruk bali, kedondong, mangga hijau dan pepaya muda.

Sesuai dengan namanya, yang membuat rujak ini spesial adalah siraman kuahnya. Jika rujak pada umumnya disimpan dengan menggunakan saus kacang. Rujak khas dari Bali ini justru menggunakan kuah kepala ikan pindang sebagai saus siramannya.

4. Rujak Gobet Khas Malang

Aneka jenis buah muda seperti kedondong, mangga muda, bengkoang, nanas, mentimun, ubi jalar hingga jeruk bali semuanya diparut.

Kemudian direndam di dalam kuah yang memiliki citarasa pedas, manis dan gurih, pokoknya ini salah satu sajian khas yang wajib sobat turisian coba ketika bertandang ke Malang ya.

5. Rujak Soto, Banyuwangi

Penggemar olahan berkuah, mari merapat sejenak sambil menikmati sensasi menyegarkan dari semangkuk rujak soto khas Banyuwangi.

Semangkuk kebahagiaan yang terdiri dari ragam sayuran rebus seperti kangkung, tauge yang kemudian dicampur dengan kuah kaldu yang kental.

Kuah tersebut terbuat dari kacang tanah halus, terasi serta gula merah, disajikan hangat dan ditambahkan dengan suwiran ayam, cita rasa yang sungguh menggugah selera.

BACA JUGA: 5 Tempat Kuliner di Kota Tasikmalaya Ini Paling Melegenda

6. Rujak Bulung, Bali

Membahas soal Bali, tentu tidak bisa dilepaskan dari berbagai pilihan pantai dan kekayaan lautnya yang menawan, salah satunya adalah rumput lautnya.

Di Bali, sobat turisian bisa mencicipi sajikan rujak bulung yang terbuat dari rumput laut hijau rebus yang kemudian dicampur dengan kelapa parut.

Kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari ikan pindang, dibumbui dengan jeruk nipis, terasi, cabai serta garam.

Batok Kelapa Muda

7. Rujak U Groh, Aceh

Tidak ada yang pernah menyangka bahwa batok kelapa bisa dijadikan penganan yang lezat dan menggiurkan.

Tapi ini nyata, dan di Aceh, batok kelapa biasa diolah menjadi rujak u groh, batok kelapa muda dikerik dan dicuci terlebih dahulu.

Lalu campurkan dengan bumbu rujak yang diberi perasan air jeruk nipis untuk sensasi menyegarkan.

Sungguh beragam ya bahan dan cara pembuatannya, intinya, untuk mengenal keunikan seluruh sajian rujak tersebut, sobat turisian tentunya harus mencicipinya secara langsung. Kira-kira, sobat turisian paling penasaran dengan rujak apa?***

Sumber: indonesia.travel

Pos terkait