Menjelajahi Goa Terawang Blora yang Memukau

Goa Terawang Blora
Cahaya matahari masuk ke Goa Terawang Blora tampak indah. (source: Pemkab Blora)

TURISIAN.com – Bila bosan dengan liburan ke pantai atau wisata kota kekinian, tak ada salahnya mencoba aktivitas wisata penjalajahan gua. Salah satunya ke Goa Terawang di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Goa Terawang di Blora tersebut menyajikan pesona keindahan dalam kegelapan. Berupa fenomena alam masuknya sinar matahari melalui lima lubang di bagian atas yang menerangi gelapnya gua. Menjadi pemandangan yang eksotik dan menjadi spot foto instagenik.

Keistimewaan tempat wisata minat khusus ini, memiliki enam gua dalam satu kawasan seluas 13 hektar. Terdapat satu gua induk, satu sendang, dan lima gua kecil. Semuanya terbentuk secara alami sekitar 10 juta tahun lalu.

Di sana juga terdapat taman bermain untuk anak-anak, berada sekitar 50 meter dari mulut Goa Terawang. Suasana tamannya cukup asri dan sejuk dipayungi ratusan pohon jati besar. Sudah dilengkapi permainan ATV, Kereta Mini, Panahan, kolam renang anak-anak, rumah pohon, serta tempat foto menarik.

Kini Goa Terawang semakin populer dan menjadi salah satu wisata unggulan Blora. Sebenarnya, gua tersebut juga sudah dikenal sejak masa raja-raja Jawa tapi bukan sebagai tempat wisata. Melainkan sebagai tempat bertapa guna memperoleh kekuatan mistis.

Baca juga: Dua Objek Wisata dengan Nama Teletubbies di Yogyakarta

Kemudian masa kolonial Belanda, Goa Terawang banyak menyimpan peristiwa sejarah dan memiliki peran penting dalam perjuangan Indonesia. Saat itu, gua ini sering digunakan untuk pertemuan Bupati Blora semasa RMA Cokronegoro dengan pejabat-pejabat Belanda.

Konon, tiap akhir pertemuan selalu diadakan pesta dansa bagi pejabat yang hadir. Kemudian pada masa perang kemerdekaan, gua tersebut menjadi daerah pertahanan bagi para pejuang Indonesia.

Lokasi Goa Terawang terletak di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 32 km arah barat pusat kota Blora atau 107 km dari Kota Semarang. Akses menuju ke sana melalui jalan desa yang mulus.

Perjalanan dapat ditempuh dari Semarang-Purwodadi-Wirosari menuju ke Kunduran di Kabupaten Blora. Dari pertigaan depan Puskesmas Kunduran, belok kiri melintasi jalan desa yang mulus sepanjang lebih kurang 8 km. Posisinya persis di tepi jalan.

Baca juga: Tiga Geopark di Sumbar dengan Alam yang Indah

Jika Anda berangkat dari Blora, perjalanan bisa diarahkan menuju pertigaan Pasar Ngawen. Kemudian belok ke kanan melintasi jalan sekitar 10 km menuju ke Japah, Padaan, Ngapus, hingga tiba di Todanan.*

 

 

 

Pos terkait