Yuk Kita Foto-Foto Cantik di Taman Wisata Hutan Mangrove Klawalu Sorong!

Wisata Mangrove Klawalu
Spot jembatan di Taman Wisata Mangrove Klawalu. (source: wonderfulimage)

TURISIAN.comWisata Papua tak hanya Raja Ampat, tapi masih banyak tempat wisata menarik di sana. Salah satunya Taman Wisata Hutan Mangrove Klawalu, Kota Sorong. Kawasan hutan mangrove pertama di Sorong ini, menyajikan banyak spot foto cantik dan tentu saja instagenik.

Taman Wisata Hutan Mangrove Klawalu bisa ditempuh dalam waktu sekitar 17 sampai 30 menit dari Bandara Domine Eduard Osok. Sobat Turisian yang akan masuk ke sana harus bayar tiket masuk sebesar Rp5.000,- untuk anak-anak, dan Rp10.000,- untuk dewasa.

Selain spot-spot foto, yang paling utama, tempat wisata ini memang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Jika ingin lebih puas menikmati pesonanya, cobain naik ke Menara Pandang yang ada di sana.

Dari menara tersebut akan tampak hamparan hijau berbagai jenis mangrove yang mengelilingi area. Suasananya pun bikin nyaman karena berhawa sejuk yang sangat pas buat self-healing.

Baca juga: Eco Resort di Desa Wisata Arborek, Suguhkan Sunset Terbaik yang Romantis

Pilihan atraksi lainnya bisa menyusuri Jembatan Warna-Warni dan berburu spot foto instagramable di situ. Pemandangan yang asri nan indah juga akan menemani Sobat Turisian saat menyusuri jembatan. Satu spot instagenik yang paling favorit wisatawan, ada rumah berwarna ceria dan sepasang burung cendrawasih.

Menginap di Homestay Klawalu

Di tempat wisata Papua ini pun tersedia fasilitas homestay sebanyak 8 unit dengan paket menginap yang menarik. Jadi Sobat Turisian bisa merasakan sensasi malam yang seru di Hutan Mangrove Klawalu.

Paket menginapnya juga sudah termasuk menu barbeque untuk malam hari dan bersepeda di pagi harinya. Sangat cocok bagi Sobat Turisian yang hobi berolahraga. Selain bersepeda, ada pula fasilitas jogging track yang mengelilingi kawasan.

Edukasi Mangrove Klawalu

Taman Wisata Klawalu bukan hanya memberikan nuansa rekreasi biasa. Tapi juga mengajak wisatawan belajar mengenai pentingnya fungsi dan manfaat mangrove di dalam ekosistem. Meliputi pemahaman tentang mangrove yang bisa mencegah intrusi (penyusutan) air laut. Serta mencegah erosi dan abrasi yang terjadi di kawasan pantai.

Baca juga: Pulau Waigeo di Raja Ampat Punya Tiga Resort dengan Panorama Terbaik

Kemudian mengenal mangrove sebagai pencegah dan penyaring alami, dan sebagai habitat dan sumber makanan bagi berbagai jenis satwa. Selain itu, hutan mangrove juga berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

Belanja Cendera Mata

Jika sudah puas menjelajahi keindahan Hutan Mangrove Klawalu, jangan lupa belanja produk ekonomi kreatif khas Sorong sebagai cendera mata. Diantaranya keripik sagu, garam nipah, noken, teh bunga telang. Ada pula ragam kerajinan tangan seperti vas bunga, tempat tisu, dan pajangan yang diolah dari kulit pelepah daun sagu.*

 

 

 

Pos terkait