Unik dan Indah, Danau Kaolin Bangka Miliki Dua Warna Air

Danau Kaolin Bangka
Danau Kaolin yang berwarna biru. (Turisian/Iwan)

TURISIAN.com – Danau Kaolin di Pulau Bangka sangat unik dan menakjubkan. Keunikannya berupa dua danau yang berdampingan namun berbeda warna. Satu danau berwarna biru terang dan yang lainnya berwarna hijau.

Pada awalnya, Danau Kaolin atau Kulong Biru Bangka ini merupakan lubang bekas galian tambang biji timah yang sudah cukup lama ditinggal. Kemudian terisi air hujan terus-menerus hingga akhirnya membentuk sebuah danau.

Pesona danau semakin bertambah dengan keunikan tanah yang mengelilinginya berwarna putih. Sehingga warna air danau tampak kontras dan berpadu indah, sangat memanjakan mata. Dijamin wisatawan akan dibuat takjub, begitu tiba di lokasi dua danau tersebut.

Danau Kaolin bangka
Dua danau beda warna berdampingan tampak menakjubkan.

Warna danau ini bisa berubah tergantung cuaca dan pancaran sinar matahari. Jika ingin melihat warna danau di titik yang paling indah, datanglah saat siang hari dan cuaca cerah. Tetapi suhu udaranya pun cukup panas, jadi persiapkan pakaian yang sesuai.

Di sana, wisatawan juga dapat berkeliling area danau. Lalu menyusuri jalur pedestrian maupun jembatan kayu yang memisahkan kedua danau. Siapkan kamera karena di tempat ini banyak spot foto yang ciamik dan intagrammable.

Baca juga: Tiga Geopark di Sumbar dengan Alam yang Indah

Nikmati pula wahana sepeda perahu bebek di danau berwarna hijau. Atau pilih duduk santai di bangku-bangku pinggir danau, menikmati pemandangan ditemani segarnya kelapa muda.

Destinasi wisata Kulong Biru ini pun sudah didukung dengan fasilitas yang cukup memadai. Seperti toilet, warung makanan, area parkir yang luas, dan toko cendera mata.

Keindahan danau ini pun sudah diakui masyarakat dan mengundang banyak wisatawan datang. Terbukti dengan keberhasilannya masuk sebagai nominasi “Destinasi Unik Terpopuler” pada Anugerah Pesona Indonesia 2019 yang digelar Kementerian Pariwisata.

Danau Kaolin Banka
Danau yang berwarna hijau sudah dilengkapi perahu bebek.

Lokasi danau berada di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Berjarak  sekitar 60 km dari Bandara Depati Amir dan sekitar 15 km dari pusat kota Koba. Dapat ditempuh melalui jalur darat dalam waktu 60 menit perjalanan dari Kota Pangkalpinang.*

Pos terkait