Pantai Bias Tugel, Surga Tersembunyi di Karangasem Bali yang Bikin Betah

Pantai Bias Tugel
Pantai Bias Tugel Karangasem Bali. (Source: Disbudpar Karangasem)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian yang berencana liburan di Bali dan mencari wisata pantai yang belum ramai, coba berkunjung ke Pantai Bias Tugel. Surga tersembunyi di Karangasem ini namanya memang belum terlalu populer. Tapi jangan khawatir, pesonanya tak kalah indah dengan pantai lainnya di Pulau Dewata.

Pantai yang terkenal juga dengan nama White Sand Beach tersebut, menyajikan hamparan pasir pantai paling putih di Bali. Meski garis pantainya tak terlalu panjang, hanya skitar 200 meter.

Dari kondisi pantai seperti itulah lahir nama Bias Togel. Terdiri dari kata “Bias” yang berarti pasir, dan “Tugel” yang artinya terpotong. Air laut di sini pun tampak bening dan suasananya yang masih sepi. Sehingga bakal membuat Sobat Turisian lebih nyaman untuk berlibur dan melepas kepenatan.

Pantai Bias Tugel Bali juga memiliki laguna kecil yang letaknya di sisi kiri pantai. Di situ Sobat Turisian bisa berenang atau hanya sekadar berendam di dalamnya. Tapi perlu kalian ingat, sjangan lakukan hal tersebut ketika air laut sedang pasang karena tidak menutup kemungkinan bisa terbawa ombak.

Satu lagi daya tarik dari objek wisata Karangasem yang satu ini, yaitu pantai ini memiliki fenomena water blow. Sobat Turisian cukup menghadap ke laut dan melihat ke sebelah kanan. Maka akan menemukan air laut yang membentur karang sehingga tampak seperti air mancur yang memukau.

Baca juga: Berkunjung ke Taman Ujung yang Cantik Peninggalan Kerajaan Karangasem

Menariknya lagi, Sobat Turisian bisa mengajak keluarga berlibur di Pantai Bias Tugel Bali ini. Anak-anak dapat bermain pasir dengan cukup aman karena keadaan pantainya masih belum ramai.

Aktivitas Wisata di Pantai Bias Tugel

Sobat Turisian yang hobi melakukan olahraga air, bisa melakukan snorkeling di sini. Panorama bawah lautnya masih alami dan sangat indah terlihat jelas karena air laut yang bening. Soal peralatannya tak usah khawatir, karena sudah tersedia jasa penyewaannya di sekitar area pantai.

Tak hanya snorkeling, Sobat Turisian juga bisa berselancar atau sekadar berjemur di tepi Pantai Bias Tugel Bali. Buat kalian yang punya nyali, bisa mencoba duduk di atas batu karang dengan latar pepohonan. Sembari menikmati pemandangan alam yang sangat memesona.

Kenyamanan berlibur di sini semakin Sobat Turisian rasakan, ketika angin laut yang bertiup menyapa Anda selama berada di area pantai. Kalau masih banyak waktu luang, kalian dapat mengunjungi spot wisata lain yang letaknya tak jauh dari pantai di Bali ini.

Ada objek wisata yang cukup terkenal dekat Pantai Bias Tugel, di antaranya Pantai Blue Lagoon dan Labuhan Amuk. Labuhan Amuk merupakan pusat permainan air di Karangasem dan tempat kapal Odyssey Submarine Bali.

Fasilitas Pendukung Wisata

Sebagai destinasi wisata, pantai tersebut memang masih belum banyak memiliki fasilitas pendukung. Di sini belum ada hotel atau restoran. Tetapi sudah ada warung-warung tergolong sederhana yang menjual makanan dan minuman.

Baca juga: Pantai Labuhan Amuk Karangasem, Destinasi Wisata Bali yang Berikan Ketenangan

Meski begitu, menu makanan yang warung tersebut tawarkan cukup beragam, seperti mi goreng dan es kelapa muda. Bangunan warung-warung di Pantai Bias Tugel ini hanya terbuat dari bambu dengan atap daun kelapa kering. Menambah suasana alami dan cukup nyaman sih untuk kalian beristirahat sejenak.

Selain makanan, ada pula warung suvenir yang menjual kain-kain khas Bali yang bisa Sobat Turisian beli sebagai oleh-oleh. Harganya beragam dan terjangkau, tergantung ukuran dan jenis kain, berkisar dari Rp40.000 sampai dengan Rp70.000.

Berwisata ke Pantai Bias Tugel, alangkah baiknya Sobat Turisian menyiapkan beberapa hal. Antara lain bekal makanan dan minuman, jika kalian bersama keluarga berencana untuk bermain cukup lama di pantai ini.

Siapkan pula baterai kamera atau handphone yang penuh karena akan banyak pemandangan alam yang menjadi spot foto ciamik. Pastikan juga kalian datang di saat cuaca baik dan air tidak pasang, jadi bisa menikmati pantai dengan maksimal.

Lokasi Pantai Bias Tugel Bali

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Kalu Sobat Turisian dari Bandara Internasional Ngurah Rai, akan menempuh perjalanan sejauh 57 km dengan durasi 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Sementara dari Denpasar jaraknya sekitar 44 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Letak Pantai Bias Tugel cukup dekat dengan Pelabuhan Padang Bai, tempat penyeberangan Bali-Lombok.

Baca juga: Megibung, Tradisi Makan Bersama Warisan Kerajaan Karangasem Bali

Dari pelabuhan tersebut, Sobat Turisian cukup berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di pantai tersebut. Untuk masuk ke lokasi, kalian hanya cukup membayar biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan dana kebersihan lingkungan Rp2.000 per orang. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu ya Sob!*

 

Pos terkait