Wisata Seru ke Embung Terpus Pati yang Mirip Ranu Kumbolo Semeru

Embung Terpus Pati
Embung Terpus di Kabupaten Pati, Jateng. (Source: TIC Kab. Pati)

TURISIAN.com – Embung Terpus merupakan salah satu destinasi wisata alam yang seru buat tujuan liburan Sobat Turisian. Danau buatan di Kabupaten Pati tersebut menyajikan keindahan alam yang memukau, hingga tak sedikit yang menyamakannya dangan Ranu Kumbolo, di Gunung Semeru.

Objek wisata danau ini terletak di Pati Selatan, dengan kontur kawasan pegunungan. Tempat tersebut merupakan sebuah waduk buatan untuk mengairi persawahan dan ladang di sekitar. Pembangunannya berlangsung pada tahun 1982.

Posisi Embung Terpus berada di Puncak Pegunungan Kendeng Utara, Pati, dengan ketinggian wilayah lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Luas areanya mencapai kurang lebih tiga hektare.

Suasana di sini sangat asri dan masih sepi pengunjung, serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sehingga Sobat Turisian akan nyaman berada di sini, terutama buat yang butuh spot healing dan refreshing.

Baca juga: Nikmati Ketenangan Alam dan Wisata Selfie di Arga Pesona Beketel Pati

Kalau ingin lebih seru lagi, Sobat Turisian bisa mencoba bermalam di sekitar Embung Terpus dengan berkemah. Nuansanya sangat syahdu, berhiaskan view taburan di langit dengan hembusan angin yang sejuk. Jika beruntung kalian bisa melihat rembulan jatuh di sekitar danau.

Tetapi kalau tak berminat camping, Sobat Turisian bisa datang bersantai menikmati pemandangan alam atau memancing ikan di Embung Terpus. Tempat ini juga menyajikan pemandangan keindahan Pegunungan Kendeng.

Jangan lupa juga untuk fofo-foto cantik berlatar danau berair kehijauan yang menawan, Sob! Jamin hasilnya akan ciamik dan instagenic, pas buat menambah koleksi foto di akun medsos kalian.

Lokasi Embung Terpus Pati

Danau atau waduk buatan yang satu ini, berlokasi di Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Untuk menjangkaunya, Sobat Turisian mesti masuk ke kawasan hutan yang masih alami dan asri.

Baca juga: Serunya Wisata Susur Menikmati Keindahan Gua Pancur Pati

Sepanjang perjalanan menuju Embung Terpus, Kabupaten Pati, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan pohon jati di kanan kiri jalan. Kalau kalian berangkat dari Rumah Sakit Umum Kayen langsung menuju ke arah selatan menuju Lorodan Semar dan lurus terus hingga Desa Beketel. Dari situ objek wisata alam ini sudah dekat.*

Pos terkait