Serunya Wisata Susur Menikmati Keindahan Gua Pancur Pati

Gua Pancur Pati
Gua Pancur di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Source: TIC Kab. Pati)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian ingin mencoba aktivitas wisata yang tak biasa, bisa coba wisata susur gua menikmati keindahan di dalam perut bumi. Salah satunya bisa menjajal Gua Pancur di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Objek gua yang satu ini merupakan sebuah gua di kawasan batuan kapur (karst) yang mempunyai lorong mencapai 827 meter. Gua ini terbentuk alami di balik perut pegunungan kapur (Gunung Kendeng), di dalamnya terdapat bebatuan stalagmit dan stalaktit yang masih hidup dengan tetesan airnya.

Gua Pancur terbagi menjadi tiga bagian, yakni Zona Terang yang masih mendapat suplai cahaya secara utuh mulai dari mulut gua sampai 100 m ke dalam. Berikutnya Zona Peralihan yang berada di 100 m sampai air terjun yang pertama.

Zona peralihan itu merupakan zona yang mendapatkan cahaya, akan tetapi hanya remang-remang. Kemudian Zona Gelap Total yang tidak mendapatkan cahaya sama sekali.

Baca juga: Sedapnya Menyantap Soto Kemiri, Kuliner Khas Pati

Kini tren wisata susur gua sudah menjadi salah satu fasilitas wisata minat khusus yang begitu wisatawan gemari. Termasuk wisata di gua Pati yang ini. Di mana Sobat Turisian akan menyusuri gua dengan pemandu profesional.

Di dalam Gua Pancur, wisatawan akan menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit. Kemudian ada pula air hangat yang warga setempat percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Gua ini pun menjadi istana kelelawar dan berbagai bebatuan yang indah. Jadi jangan heran kalau Sobat Turisian masuk ke gua ini berjumpa kawanan kelelawar.

Fasilitas & Lokasi Gua Pancur Pati

Bergeser ke bagian sisi luar, objek wisata gua ini sudah memiliki berbagai fasilitas penunjang. Di antaranya beberapa gazebo, becak air yang berada di depan gua, bumi perkemahan, warung makan, dan penjual oleh-oleh. Tersedia pula wahana susur gua, outbound, becak air, terapi ikan (fish spa), dan spot foto.

Baca juga: Memanjakan Mata dengan Pesona Alam di Bukit Pandang Kayen Pati

Lokasi wisata Gua Pancur berlokasi di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sobat Turisian bisa menjangkau objek wisata Pati ini dengan perjalanan sejauh kurang lebih 23 km ke arah selatan.*

 

Pos terkait