Sedapnya Menyantap Soto Kemiri, Kuliner Khas Pati

Soto kemiri Pati
Soto Kemiri khas Pati. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Wisata kuliner di Kabupaten Pati sangat cocok bagi Sobat Turisian pecinta masakan berkuah. Ada banyak kuliner khas Pati yang memiliki kuah gurih dan sedap kala menyantapnya. Seperti Soto Kemiri yang kelezatannya tak kalah dengan Nasi Gandul Pati yang lebih dulu terkenal.

Soto khas Pati ini merupakan sajian kuliner khas dengan kuah hangat yang cocok untuk Sobat Turisian nikmati saat santap siang atau malam. Bahkan menjadi menu sarapan juga tidak ada salahnya.

Nama soto ini berasal dari tempat asalnya, yaitu Desa Kemiri. Sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Pati, ibu kota Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Hidangan Soto Kemiri Pati ini tergolong ke dalam jenis soto ayam. Istimewanya soto yang satu ini berkuah santan yang cenderung keruh, berbeda dengan kuah soto pada umumnya yang biasanya bening.

Baca juga: Yuk Cicipi Cita Rasa Tiga Kuliner Khas Pati yang Lezat, Berbahan Utama Nasi!

Dari segi penyajian, soto khas Pati ini mirip Soto Madura. Di mana nasi dalam mangkuk dengan taburan suwiran ayam diguyur kuah santan yang berwarna kuning.

Kalau Sobat Turisian berkunjung ke wilayah Pati kota, akan mudah menemukan warung-warung penjual Soto Kemiri. Biasanya para penjual soto ini juga menyediakan lauk tambahan. Di antaranya bagian-bagian ayam seperti sayap dan paha, sate jeroan, perkedel, dan lain-lain.

Selain warga Pati sendiri yang menjadi penggemarnya, Soto Kemiri juga banyak peminatnya berdatangan dari luar kota. Kebanyakan mereka yang sedang melintas daerah Pati untuk menuju kota lainnya di Jawa Tengah.

Baca juga: Memanjakan Mata dengan Pesona Alam di Bukit Pandang Kayen Pati

Penggemar soto khas Pati ini mayoritas ketagihan karena cita rasa kuah santannya yang memberikan rasa gurih. Tambah lagi dari bumbu-bumbu khas yang ada di dalam masakan ini. Selain itu, harga seporsi soto ini pun sangat ramah di kantong.*

 

Pos terkait