Sedapnya Daging Masak Hitam, Kuliner Khas Jambi

Daging Masak Hitam
Daging Masak Hitam khas Jambi. (Source: Disbudpar Prov. Jambi)

TURISIAN.com – Mencicipi kuliner khas saat berkunjung ke suatu daerah, sduah menjadi sebuah keharusan. Seperti saat berkunjung ke Jambi, Sobat Turisian pun harus mencoba kelezatan makanan khasnya, salah satunya daging masak hitam.

Masakan berbahan utama daging sapi has dalam ini merupakan kuliner Jambi yang tak ada duanya. Makanan ini mungkin akan mengingatkan Sobat Turisian dengan semur khas Betawi. Pasalnya sepintas penampilannya sama.

Daging masak hitam merupakan salah satu sajian yang populer di kalangan masyarakat Jambi karena rasanya yang enak dan gurih. Biasanya menjadi sajian utama khas Jambi dalam berbagai acara keluarga atau perayaan hari besar kedaerahan.

Masyarakat Jambi mengolah masakan daging ini dengan menggunakan bumbu rempah yang bercampur dengan santan dan kecap. Warna hitamnya ini berasal dari kecap. Kemudian tambah dengan bumbu rempahnya yang menghasilkan aroma yang khas. Sehingga akan menggoda selera siapa pun yang berada di dekatnya.

Baca juga: Jembatan Gentala Arasy, Ikon Jambi yang Megah Melintang di Atas Sungai Batanghari

Selain berbumbu sedap, daging masakan ini sangat empuk dan legit. Biasanya makanan khas Jambi ini tersaji dengan sepiring nasi. Sangat pas Sobat Turisian menyantapnya selagi hangat. Pastinya akan membuat kalian ketagihan.

Bahan & Pembuatan Daging Masak Hitam Jambi

Bahan-bahan yang ada di dalam masakan khas Jambi ini, terdiri dari daging sapi has dalam, sangrai kelapa parut setengah tua, santan, kecap manis, dan garam. Lalu untuk bumbu halusnya cukup beragam dan mudah mendapatkannya di pasar-pasar yang ada.

Bumbu daging masak hitam ini meliputi bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas, kayu manis, serai, ketumbar, jinten, adas manis, pala bubuk, dan merica bubuk. Agar lebih nikmat dan wangi, setelah matang tambah taburan bawang goreng.

Cara memasak kuliner khas Jambi tersebut, mulai dengan memanaskan minyak. Lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daging, kelapa parut, dan santan, masak dengan api besar hingga mendidih.

Baca juga: Menelusuri Situs Cagar Budaya Candi Tinggi di Jambi

Setelah itu kecilkan api, tambahkan kecap manis dan garam, aduk hingga rata. Masak sambil sesekali mengaduknya hingga cairan mengental. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng. Wah sungguh menggugah selera makanan daging masak hitam Jambi ini, Sob!*

Pos terkait