Jembatan Gentala Arasy, Ikon Jambi yang Megah Melintang di Atas Sungai Batanghari

Jembatan Gentala Arasy Jambi
Jembatan Gentala Arasy Jambi. (Source: Pemprov Jambi)

TURISIAN.com – Sungai Batanghari sudah sejak lama menjadi ikon wisata Jambi. Sejak 2015 pesonanya makin bertambah cantik dengan hadirnya Jembatan Gentala Arasy. Sebuah jembatan pedestrian atau pejalan kaki yang terhubung ke Menara Gentala Arasy. Sobat Turisian pasti akan terpesona dengan kemegahan jika melihatnya secara langsung.

Selain itu, jembatan indah tersebut juga merupakan penghubung Tepian Tanggo Rajo dengan Jambi Kota Seberang. Hebatnya lagi, menjadi jembatan pedestrian pertama yang memiliki kontur meliuk seperti huruf S. Sehingga berbeda dengan jembatan pada umumnya.

Peresmian Jembatan Gentala Arasy pada 28 Maret 2015 oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Jembatan penghubung yang indah ini memiliki panjang mencapai 503 meter dan lebar 4,5 meter.

Sobat Turisian bisa menyusuri jembatan ini untuk menuju menara yang merupakan sebuah museum. Jika tak berminat bisa melihat keindahannya dengan nongkrong santai di tepi Sungai Batanghari. Sembari menikmati jajanan yang ada di kawasan tersebut.

Baca juga: Menelusuri Situs Cagar Budaya Candi Tinggi di Jambi

Jangan lupa juga ambil foto-foto cantik berlatar Jembatan Gentala Arasy. Kalau ingin lebih indah lagi datanglah saat malam hari karena jembatan akan terlihat lebih menawan dengan aksen sorotan lampu warna-warni. Suasananya makin eksotis dan romantis bagi yang datang bersama pasangannya.

Museum Gentala Arasy Jambi

Gentala Arasy sendiri sebenarnya nama sebuah museum budaya dengan corak arsitektur Arab berbentuk menara setinggi 80 meter. Namanya merupakan singkatan dari Gena Tanah Lahir Abdurahman Sayuti. Penamaan ini sebagai persembahan kehormatan untuk mantan Gubernur Jambi.

Letak museum yang terhubung dengan Jembatan Gentala Arasy ini, berada di tepi Sungai Batanghari. Tak hanya menyajikan museum dan ruang terbuka publik, Sobat Turisian juga bisa menikmati bagian belakang museum ini yang terhubung dengan daerah seberang sungai. Dari puncak menara museum, ada pula jam besar yang bisa kalian lihat dari kejauhan.

Baca juga: Ini Tiga Objek Wisata Jambi yang Asik Buat Tujuan Liburan Kalian!

Alamat lengkap ikon wisata Jambi ini, di Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Kawasan wisata Gentala Arasy ini buka setiap hari, mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.*

 

Pos terkait