Berkunjung ke Betang Mandala Wisata, Replika Rumah Adat Dayak

Betang Mandala Wisata
Betang Mandala Wisata di Palangkaraya, Kalteng. (Source: Disparbudpora Palangkaraya)

TURISIAN.com – Berwisata ke Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Sobat Turisian jangan lupa untuk mengenal budaya tradisionalnya. Kalian bisa mulai dengan mengunjungi Betang Mandala Wisata atau terkenal juga dengan sebutan Rumah Betang “Eka Tingang Nganderang”.

Betang Mandala Wisata merupakan salah satu replika rumah betang khas Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berada di pusat Kota Palangkaraya. Rumah Betang ini sering berfungsi sebagai tempat pertemuan baik itu rapat, sosialisasi, dan kegiatan lainnya.

Daya tarik wisata Rumah Betang “Eka Tingang Nganderang”, yaitu merupakan replika yang dibuat mendekati bentuk aslinya dari budaya Dayak khas Kalimantan Tengah. Di dalam rumah betang, Sobat Turisian akan menjumpai dekorasi ruangan yang lekat dengan ornamen khas Dayak.

Baca juga: Tiga Wisata Susur Sungai di Pulau Kalimantan yang Mesti Dicoba Sensasinya

Tak hanya itu, Sobat Turisian bisa mengenal baju-baju adat khas Dayak. Kemudian bergeser ke area luar rumah betang, terdapat sandung, patahu, dan patung pahatan berupa sapundu. Kawasan ini sendiri memiliki luas 0,30 hektare dengan ketinggian dataran 17 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Lokasi Betang Mandala Wisata Palangkaraya

Objek wisata edukasi budaya ini berlokasi di Jalan D.I. Panjaitan, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Untuk menuju ke tempat ini, Sobat Turisian dapat menggapainya melalui jalur darat.

Kalian bisa menggunakan moda transportasi motor, mobil, dan juga bus wisata untuk menuju Betang Mandala Wisata Palangkaraya ini. Perjalanannya akan menempuh jarak kurang lebih 5 km dari pusat Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Baca juga: Dua Kuliner Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba Kelezatannya

Destinasi wisata Palangkaraya ini pun sudah memiliki fasilitas pendukung yang cukup memadai. Di antaranya toilet, panggung hiburan, area parkir, ruang pertemuan, dan lainnya. Enaknya lagi, Sobat Turisian masuk ke wisata Rumah Betang tanpa harus membayar tiket alias gratis.*

 

 

Pos terkait