Rekreasi Akhir Pekan di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Kebun Raya Indrokilo
Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Jateng. (Source: kebunrayaindrokilo.boyolali.go.id)

TURISIAN.com – Mengisi liburan akhir pekan nanti, sesekali arahkan perjalanan rekreasi Sobat Turisian ke Kabupaten Boyolali. Di sana banyak objek wisata mulai dari taman di daerah perbukitan, pemandian mata air, berbagai kerajinan. Salah satu yang terbaru ada Kebun Raya Indrokilo.

Penyebutan kebun raya sendiri karena di sini sengaja banyak ditanam tumbuhan dan pohon yang sudah jarang ada di lingkungan sekitar kita. Menariknya, di sini tersedia beberapa arena seperti arena outbound, Air Terjun Niagara buatan, flying fox, green house, dan sebagainya.

Kebun Raya Indrokilo ini berlokasi di Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dengan luas area menacapai 8,9 hektare yang sebelumnya merupakan lahan milik kas desa. Tak jauh dari objek wisata ini terdapat situs budaya Pemakaman Indrokilo.

Destinasi wisata yang mengusung tema “Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur” tersebut, lebih menekankan pada wisata edukasi ilmiah dan budaya. Konsep ini terwujud dalam bentuk display dan pengelompokan koleksi tumbuhan berdasarkan pada pola tematik.

Baca juga: Ayo Wisata Trackking di Desa Wisata Samiran Boyolali!

Konsep wisata Kebun Raya Indrokilo ini, lengkap dengan dukungan beberapa fasilitas. Seperti papan interpretasi dan ruang pamer (eksibisi). Lalu ada Dome Taman Tematik Paku yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung berfoto.

Fasilitas & Wahana 

Fasilitas dan wahanapendukung wisata lainnya, di antaranyaarena outbond dan spot menarik lain. Serta fasilitas umum yang meliputi toilet, gazebo/shelter, dan tempat ibadah di dalam kebun.

Begitu tiba di lokasi Kebun Raya Indrokilo, Sobat Turisian akan melihat Patung Cokro Birowo yang menyambut di dekat pintu masuk. Selain keindahan untuk swafoto, banyak nilai-nilai edukasi yang kalian dapat di sini.

Di tempat ini, Sobat Turisian bisa belajar mengenal jenis-jenis tanaman. Sembari bisa bermain di arena outbound untuk menumbuhkan keberanian. Serta dapat menjadi lokasi berolahraga.

Baca juga: Rasakan Kenyamanan dan Ketenangan Berlibur di Tretes Taman Tani Boyolali

Bagi Sobat Turisian yang ingin bersepeda, Kebun Raya Indrokilo memiliki E-House yang menyediakan penyewaan sepeda ontel dengan harga hanya Rp.5000,-. Kalian dapat berkeliling menyusuri kawasan wisata Boyolali yang satu ini. Tempat tersebut buka setiap hari, mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.*

 

Pos terkait