Ayo Wisata Trackking di Desa Wisata Samiran Boyolali!

Desa Wisata Samiran Boyolali
Desa Wisata Samiran Boyolali, Jateng.

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian cari objek wisata trackking yang asyik, bisa coba ke Desa Wisata Samiran, di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Daya tariknya desa ini diapit dua gunung raksasa, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Akses menuju ke desa wisata ini juga sangat mudah, hanya berjarak sekira 20 km dari pusat kota Boyolali ke arah barat Gunung Merapi. Banyak kendaraan umum dan ojeg yang siap mengantar Sobat Turisian menuju tempat wisata yang satu ini.

Desa yang juga terkenal dengan sebutan Dewi Sambi ini sangat nyaman karena memiliki potensi khas alam pegunungan yang berhawa sejuk. Dengan ketinggian wilayah sekitar 1.600 mdpl.

Saking indahnya, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berminat datang ke sini. Terutama bagi mereka yang menyenangi kegiatan trackking.

Baca juga: Rasakan Kenyamanan dan Ketenangan Berlibur di Tretes Taman Tani Boyolali

Enaknya lagi, di Desa Wisata Samiran tersedia fasilitas homestay yang memadai dan beberapa sudah berstandar wisatawan asing. Fasilitas penunjang wisata lainnya ada di sini, di antaranya balai pertemuan, kamar mandi umum, kios suvenir, musala, selfie area, dan tempat makan.

Paket Wisata Desa Samiran Boyolali

Dewi Sambi juga menawarkan paket wisata yang cukup unik dan menarik buat Sobat Turisian coba. Ada paket wisata Soft Trackking dan Hard Trackking ke Gunung Merapi dan Merbabu, live in dengan masyarakat lokal. Lalu ada paket menyaksikan pertunjukan tarian tradisional dan berburu Golden Sunrise.

Selanjutnya Sobat Turisian juga bisa pilih paket wisata menikmati sarapan pagi kuliner tradisional di Pasar Tiban yang unik. Karena pembayarannya menggunakan uang batok kelapa. Serta atraksi wisata menarik lainnya di Desa Wisata Samiran ini.

Untuk atraksi budayanya, ada yang sudah turun temurun bisa Sobat Turisian saksikan langsung. Seperti Sadranan, Ruwah, dan sedekah Gunung Merapi yang berlangsung pada waktu-waktu tertentu.

Pokoknya Desa Wisata Samiran Boyolali ini sangat cocok bagi kalian yang menyenangi petualangan di alam bebas. Sembari menikmati kemeriahan atraksi kebudayaan lokal masyarakat Jawa khas pegunungan.

Baca juga: 4 Pusat Kerajinan Tangan di Jateng dan Jogja dengan Harga Miring

Dari sisi kuliner lainnya, Desa Samiran dengan Boyolali-nya sangat terkenal sebagai penghasil susu sapi dan sayuran khas pegunungan. Seperti wortel, brokoli, kol, dan lainnya.

Sehingga oleh-oleh yang bisa Sobat Turisian bawa pulang banyak pilihannya. Meliputi berbagai macam olahan dari susu sapi dan kripik sayur organik.*

 

 

 

Sumber & Foto: jadesta.kemenparekraf

Pos terkait