SPBU VIVO Mulai Jual Pertalite, Mau Tau Harganya?

SPBU VIVO
Stasiuan Pengisian Bahan Bakar (SPBU) VIVI. (Instagram/@vivospbuindonesia's profile picture vivospbuindonesia)

TURISIAN.com – Kabar gembira buat Sobat Turisian yang sering turing menggunakan sepeda motor. SPBU VIVO kini sudah menjual Revvo 89 atau produk sejenis Pertalite, milik Pertamina.

Kehadiran “bensin” milik perusahaan yang berkantor di Swiss ini bisa mejadi alternatif lain, ketika antrean panjang terhadi di SPBU miliknya.

BBM ini sebenarnya sudah lama menjadi perhatian khalayak lantaran terpampang di papan harga atau totem di depan SPBU VIVO.

Namun, karena harus mengikuti regulasi dari pemerintah Indonesia, penjualan VIVO belum semasif yang terjadi dibanding produk sejenis.

BACA JUGA: Beli BBM Pakai MyPertamina, Yang Tidak Punya Begini Caranya

Tetapi seiring dengan kelonggaran yang diberikan,  SPBU VIVO sekarang menjual 4 jenis BBM. Pertama Revvo 95 seharga Rp 14.830/liter, Revvo 92 seharga 14.140, Revvo 90 Rp 12.600/liter dan Revvo 89 seharga 11.600.

Jenis RON BBM di Indonesia

Oh ya sekedar pengetahuan buat Sobat Turisian, ada empat penyalur BBM terbesar di Indonesia, yakni Pertamina, Shell, Vivo, dan AKR-BP.

Keempat perusahaan ini menawarkan BBM mulai dari oktan 90, 92, 95, hingga yang tertinggi oktan 98.

Nilai RON ini akan cocok digunakan berdasarkan rasio kompresi mesin kendaraan yang dimiliki.

BACA JUGA: Biaya Cargo Bakal Naik 20 Persen, Menyesuaikan Kenaikan BBM

Menurut laman Suzuki, kompresi adalah indikator jumlah tekanan yang terjadi ketika piston mobil mulai menyemprotkan bahan bakar dan kemudian ditangkap api busi.

Maka, RON 90 lebih cocok untuk kompresi mesin 9:1 hingga 10:1 yang dipakai kebanyakan mobil di Indonesia, sementara RON 92 cocok untuk kompresi mesin 10:1 hingga 11:1. Adapun RON 98 biasa digunakan untuk kendaraan dengan kecepatan sangat tinggi dan kompresi mesin 11:1 hingga 13:1. ***

Pos terkait