Yuk Nikmati Ragam Tarian Tradisional di Desa Wisata Menari Jawa Tengah!

Desa Wisata Menari
Desa Wisata Menari di Kabupaten Semarang. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Desa Wisata Menari di Kabupaten Semarang bukan desa yang ada di film horror “KKN di Desa Penari” yang tengah trending. Melainkan sebuah desa adat yang masih menjaga kelestarian kebudayaannya.

Sesuai namanya, Desa Wisata Menari menawarkan banyak paket yang bisa Sobat Turisian nikmati saat berlibur ke sini. Salah satunya paket wisata kesenian dengan harga berkisar antara 100 ribu rupiah sampai 150 ribu rupiah.

Di sini, Sobat Turisian bisa menyaksikan keindahan dan pesona berbagai tarian. Mulai dari Tari Warok, Gemukan Bocah, Topeng Ayu,  Werok Kreasi, Kuda Lumping, dan Tari Keprajuritan Kraton atau Tari Eko Prawiro.

Rata-rata warga desa wisata di Kabupaten Semarang ini, merupakan pelestari tari tradisional. Jadi tak aneh jika Sobat Turisian datang ke tempat ini akan melihat banyak pertunjukan tari yang bisa disaksikan.

Daya Tarik Lain Desa Wisata Menari

Selain itu, Sobat Turisian juga bisa melakukan aktivitas lain di desa wisata ini. Antara lain membuat kerajinan tangan anyaman, menjajal aneka mainan tradisional, membuat keripik adas, dan sabun susu.

Udara di desa ini pun sangat sejuk dengan suasana asri karena berada di lereng gunung, jauh dari hiruk-pikuk kota yang padat dan berpolusi. Apalagi jika Sobat Turisian memutuskan untuk live in atau ikut tinggal bersama masyarakatnya di homestay yang sudah tersedia.

Baca juga: Ayanaz Gedong Songo, Tempat Wisata Kekinian dan Keren di Semarang

Jamin deh Sobat Turisian akan merasakan ketenangan dan kedamaian. Ketika berbaur dengan masyarakat adat yang masih melestarikan budaya tradisional di tengah era digital seperti sekarang ini.

Hebatnya lagi, meski lokasinya jauh terpencil, nama desa wisata ini sudah cukup tenar hingga mancanegara. Banyak turis yang datang ke desa ini untuk belajar menari dan mempelajari aktivitas sehari-hari masyarakatnya.

Tak hanya itu, banyak pula rombongan dari berbagai kalangan pun turut berdatangan. Mereka tertarik belajar bersama melestarikan tari-tarian tradisional yang ada di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Suasana toleransi yang masih terjaga dengan adat istiadat yang masih terlihat harmonis, sangat cocok buat tujuan wisata Sobat Turisian bersama keluarga.

Spot Foto & Oleh-Oleh Desa Wisata Menari

Selain menyajikan ragam tarian tradisional, Desa Wisata Menari juga menawarkan berbagai spot foto alam dengan pemandangan yang luar biasa cantik dan instagenik. Jadi, Sobat Turisian mau melakukan aktivitas apapun bisa di desa ini.

Pulang dari desa wisata ini, Sobat Turisian akan membawa pulang pengetahuan dan pengalaman baru di bidang seni. Untuk oleh-olehnya, Sobat Turisian bisa membeli produk UMKM yang mereka buat sendiri atau sayur-sayuran segar khas pegunungan hasil pertanian warga.

Lokasi & Rute ke Desa Wisata Menari

Lokasi Desa Wisata Menari ini berada di Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terletak di kawasan lereng Gunung Telomoyo yang jauh dari pusat kota.

Baca juga: Berburu Keindahan Sunrise di Puncak Gunung Telomoyo Semarang

Untuk menuju ke desa wisata ini, Sobat Turisian harus mengarahkan kendaraan melalui Jalur Lingkar Salatiga, lalu berbelok ke arah Kopeng atau Magelang. Butuh waktu perjalanan sekitar 10 menit atau sekitar 9 KM, hingga menemukan papan yang mengarah ke Desa Wisata Menari.*

 

Pos terkait