Inilah 5 Event Jawa Tengah yang Masuk KEN 2023!

Event Jawa tengah
Acara Peluncuran KEN 2023. (dok. Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI sudah meluncurkan agenda Karisma Event Nusantara (KEN) 2023. Berlangsung di TMII Jakarta, pada Sabtu sore (28/1/23). Pada kesempatan ini Kemenparekraf mengumumkan 110 event yang lolos kurasi KEN 2023, 5 di antaranya merupakan event di Jawa Tengah.

“Kharisma Event ini merangkum 110 event unggulan. Dan merupakan hasil kurasi dari hampir 300 event usulan dari Dinas Pariwisata Provinsi,” tutur Menparekraf Sandiaga Uno dalam diskusi daring, Selasa 24 Januari 2023 lalu.

Sandiaga juga mengatakan, bahwa akan ada Top 10 event terbaik dari 34 provinsi di Indonesia yang akan hadir di acara Kharisma Event Nusantara. Hal ini pun bertujuan untuk mempromosikan KEN ke dalam lingkup Bangga Berwisata di Indonesia.

Adapun lima event Jawa Tengah itu, antara lain Dieng Culture Festival , Festival Kota Lama, Solo Menari, Solo Keroncong Festival, dan Moro Borobudur. Bahkan Dieng Culture Festival dan Festival Kota Lama terpilih sebagai TOP 10 KEN.

Baca juga: KEN 2023 Bakal Dimeriahkan 110 Event, Apa Saja?

Kelima event tersebut telah melalui tiga tahapan seleksi oleh Kemenparekraf RI pada November hingga Desember 2022. Yaitu tahapan administrasi, konsep, dan wawancara. Sebelumnya, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah telah mengusulkan 10 event unggulan tahun 2023.

Selain meluncurkan KEN 2023, Kemenparekraf juga meluncurkan ‘Sportive 2023’, yakni Sport, Music, and Creative Event. Mengutip dari laman kemenparekraf.go.id, hal ini karena banyak sekali event-event olahraga atau sport tourism yang menjadi daya tarik.

Ada 3 event Sportive dari Jawa Tengah yang terdaftar, yaitu Solo International Performing Arts (SIPA) dan Festival Payung Indonesia (Fespin) yang masuk kategori Creative. Serta Mesastila 100 yang masuk kategori Sport.

Baca juga: Catat! Tiga Event Sport Tourism Jateng Tahun 2023

Jadi totalnya ada 8 event di Jateng yang masuk dalam kalender nasional.  Event-event tersebut telah terangkum dalam E-Book Jawa Tengah Calendar of Events 2023.*

 

 

Sumber: visitjawatengah

Pos terkait