Terpukau Keindahan Danau Lemelu Banggai Kepulauan

Danau Lemelu
Danau Lemelu Banggai Kepulauan, Sulteng. (Source: Dispar Kab. Banggai Kepulauan)

TURISIAN.comKabupaten Banggai Kepulauan di Sulawesi Tengah menyajikan banyak objek wisata alam yang bakal bikin Sobat Turisian terpukau. Salah satunya Danau Lemelu nan indah yang terletak di Pulau Peling.

Lokasi objek wisata alam tersebut masuk wilayah administratif Desa Lemelu, Kecamatan Bulagi Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Danau ini berada di ketinggian dan memotong lembah perbukitan kawasan Pulau Peling.

Suasana Danau Lemelu terlihat masih asri dan sangat bersih. Sehingga cocok bagi Sobat Turisian yang mencari ketenangan dengan keindangan alam yang memesona. Di sini kalian pun bisa mandi dan menikmati pemandangan danau dari balik ketinggian.

Begitu tiba di objek wisata ini, Sobat Turisian bisa menyaksikan pesona bentangan alam yang indah dan eksotis. Tambah lagi dengan adanya dua air terjun mini yang bisa memanjakan liburan kalian di daerah Sulawesi Tengah. Jangan lupa kalian ambil foto-foto cantik dan instagenic di tempat ini!

Uniknya, Lembah Lemeru ini akan berubah menjadi Danau Lemelu yang luas pada musim penghujan saja. Sedangkan pada musim kemarau akan terlihat seperti lembah dan dan ngarai yang terdapat beberapa aliran sungai yang melintasinya. Serta banyak tumbuh rumput hijau.

Baca juga: Traveling ke Pantai Mandel Banggai Kepulauan yang Menawan

Sementara setiap 6 bulan di musim hujan akan pasang dan membentuk danau kembali dengan kedalaman beberapa meter. Serta bentukan danau yang melingkar dengan di bagian tengahnya, tampak susunan batu-batuan berbagai bentuk.

Asal-Usul Terbentuknya Danau

Destinasi wisata danau ini bagi masyarakat serta warga Pulau Peling dan sekitarnya, sangat terkenal. Karena memiliki cerita di balik terbentuknya lembah atau danau tersebut.

Konon asal-usul terbentuknya Danau Lemelu berlatar belakang kisah seorang raja. Ia tidak dapat memenuhi janjinya terhadap seorang pemuda untuk menikahi putrinya yang bernama “Lemelu”.

Karena marah pemuda tersebut lalu mendatangkan air yang menggunung-gunung dan putri Lemelu kemudian berubah menjadi danau. Sedangkan raja dan para tamu yang sedang berpesta berubah menjadi hamparan bebatuan kars yang mirip karang di lautan.

Akses Menuju Danau Lemelu

Untuk manjangkau danau ini, Sobat Turisian bisa melalui akses dari Kota Luwuk. Setibanya di Luwuk tersedia kapal motor menuju daerah Bulagi Utara, tepatnya di Desa Sabang. Perjalanan naik kapal ini selama kurang lebih 3,5 jam.

Tiba di Desa Sabang, Sobat Turisian dapat melanjutkan perjalanan dengan motor atau mobil ke lokasi Danau Lemelu. Dengan durasi perjalanan kurang lebih 2 jam. Atau bisa pula melalui pusat Pemerintahan Kabupaten Banggai Kepulauan dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Baca juga: Danau Paisu Pok Banggai Kepulauan yang Unik dengan Air Sangat Bening

Sepanjang perjalanan, Sobat Turisian akan memanjakan mata dengan pemandangan Pulau Peling yang indah. Serta beberapa objek wisata lain yang ada di Banggai Kepulauan. Kondisi jalanannya cukup menanjak dan berliku, jadi kalian mesti berhati-hati.*

 

 

Pos terkait