Danau Paisu Pok Banggai Kepulauan yang Unik dengan Air Sangat Bening

Danau Paisu Pok
Danau Paisu Pok di Banggai Kepulauan, Sulteng. (Source: Dispar Banggai Kepulauan)

TURISIAN.com – Banggai Kepulauan, salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah menimpan banyak objek wisata yang aduhai. Salah satunya Danau Paisu Pok, yang unik dengan airnya sebening kaca.

Beningnya air di danau ini bakal membuat Sobat Turisian terpukau dan tergoda untuk langsung menceburkan diri ke dalamnya. Tempatnya yang tersembunyi menyajikan suasana tenang dengan udara yang menyegarkan.

Keunikan dari Danau Paisu Pok terletak pada namanya karena punya makna sendiri. Penamaannya tak luput dari kearifan lokal. Bahwa berdasarkan bahasa masyarakat setempat, “Paisu Pok” berarti air hitam. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 4 sampai 5 meter.

Nama tersebut lahir, sebab jika melihat dari kejauhan, danau ini terlihat berwarna hitam oleh masyarakat setempat. Rupanya warna itu timbul dari pantulan warna rumput serta aneka tumbuhan yang ada di dasar danau.

Baca juga: Cantiknya Pesona Alam Pantai Poganda Banggai Kepulauan!

Berbagai tumbuhan tersebut, menghasilkan warna hijau yang pekat sehingga tampak hitam. Padahal air Danau Paisu Pok sendiri, sangat jernih. Bahkan saking beningnya, Sobat Turisian bisa melihat tumbuhan yang ‘hitam’ itu dengan jelas dari atas permukaan air.

Hal unik lain dari danau di Banggai Kepulauan yang satu ini, airnya punya dua rasa. Dahulu, air di sini rasanya asin. Karena secara geografis, cukup dekat dengan laut. Namun, proses alam lainnya membuat air di danau tersebut berubah menjadi tawar.

Dengan berbagai pesona keindahannya tersebut, jangan lupa jadikan latar foto Sobat Turisian. Jamin hasilnya pasti eksotik dan instagenic banget buat diupload di medsos.

Lokasi & Rute ke Danau Paisu Pok

Danau cantik nan memukau tersebut berlokasi di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Untuk menuju ke sini, Sobat Turisian bisa melalui rute penerbangan Jakarta – Makassar – Luwuk. Rute Jakarta – Palu – Luwuk atau Jakarta – Makassar – Kendari – Banggai – Bitung.

Baca juga: Berkunjung ke Desa Wisata Mbuang-Mbuang, Punya Banyak Destinasi Menarik

Kemudian dari pusat kota Banggai Kepulauan sendiri, jaraknya sekitar 3 km. Jika sudah sampai di Desa Luk Panenteng, Sobat Turisian harus berjalan kaki sekira 10-15 menit ke Danau Paisu Pok. Dengan melewati jalur hutan yang rimbun dan masih sangat asri.*

Pos terkait