KAI Siap Jalankan Kereta Api Makassar – Parepare

Kereta Api Makassar-Parepare
Kereta Api Makassar-Parepare

TURISIAN.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus menyiapkan pengoperasian sarana Kereta Api (KA) Makassar – Parepare yang saat ini dalam tahap uji coba terbatas. Dalam hal ini, KAI telah membentuk kemitraan bersama PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) dengan nama Konsorsium Kereta Api Sulsel.

Konsorsium tersebut akan bertugas untuk menyelanggarakan kereta api perintis lintas Makassar – Parepare. Penugasan ini berdasarkan penunjukan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian kepada Konsorsium Kereta Api Sulsel melalui Surat Nomor: 153/LLA.KA/VI/2022 tanggal 27 Juni 2022.

Dalam siaran pers KAI tanggal 30 Januari 2023, VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan, KAI siap mendukung pengoperasian kereta api (KA) Makassar – Parepare.  Hal ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

“KAI siap menjalankan amanah yang diberikan oleh pemerintah. Dalam menjalankan transportasi kereta api yang aman, efisien, dan ramah lingkungan di Sulawesi Selatan,” ungkap Joni.

Baca juga: Tiga Kue Khas yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung ke Kota Makassar

Hadirnya layanan kereta api di luar Pulau Jawa dan Sumatera merupakan bentuk pemerataan pembangunan dari pemerintah. KAI melalui Konsorsium Kereta Api Sulsel siap memberikan layanan angkutan kereta api yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.

Kolaborasi KAI dengan Unhas

Di samping itu, KAI juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) pada 3 Juni 2022. Tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan serta Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia.

Lewat kolaborasi tersebut, KAI dan Unhas melakukan kajian, studi, dan evaluasi yang bermanfaat untuk memastikan kereta api dapat beroperasi secara berkelanjutan di Sulawesi Selatan. Baik dari segi angkutan penumpang maupun barang.

Saat ini, pembangunan kereta api di Sulawesi Selatan sudah terbangun kurang lebih 110 km. Terbentang dari Kab. Maros sampai dengan perbatasan Kab. Barru. Sementara yang sudah beroperasi adalah angkutan penumpang dengan uji coba terbatas di lintas Garongkong sampai dengan Mangilu.

Sementara proyek Kereta Api Makassar – Parepare merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi. Trayek ini akan menghubungkan Makassar sampai dengan Manado.

Selanjutnya, kini KAI sedang menyiapkan sarana berupa 2 rangkaian kereta penumpang dan sumber daya manusia guna mendukung pengoperasian kereta tersebut. Seperti masinis, Customer Service on Train, dan Teknisi Kereta Api.

Baca juga: Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun Landmark Kota Parepare yang Menarik Dikunjungi

Untuk pembangunan jalurnya sedang berlangsung oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Bersama dengan PT Celebes Railway Indonesia sebagai operator prasarana secara paralel.

“Penugasan untuk mengoperasikan kereta api (KA) Makassar – Parepare ini merupakan amanah yang penting. Karena jalur ini merupakan pembuka transportasi kereta api kawasan Indonesia Timur yang pertama. KAI berkomitmen melaksanakan penugasan sesuai dengan Good Corporate Governance. Sehingga betul-betul bisa memenuhi harapan seluruh stakeholder,” pungkas Joni.*

 

 

Sumber & Foto: kai.id

Pos terkait