Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun Landmark Kota Parepare yang Menarik Dikunjungi

Monumen Habibie Ainun
Monumen Habibie Ainun di Parepare, Sulsel. (Source: Disporapar Parepare)

TURISIAN.com – Monumen Cinta sejati Habibie Ainun merupakan landmark Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sekaligus menjadi spot wisata kota yang cukup populer dan banyak wisatawan berkunjung. Sobat Turisian pun wajib mampir ke sini kalau lagi berkunjung ke Parepare.

Peresmian objek monumen ini pun langsung oleh Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie pada 12 Mei 2015. Tanggal yang bertepatan dengan ulang tahun pernikahan BJ Habibie dan Ainun yang ke-53.

Di Monumen Cinta sejati Habibie Ainun, Sobat Turisian dapat melihat keindahan patung Habibie dan Ainun. Berukuran cukup besar, yaitu 4,23 x 1,87 meter dengan tinggi kurang lebih 5,82 meter. Letak patung tersebut berada di tengah kolam air berbentuk lingkaran.

Kehadiran monumen pasangan sejati ini, bertujuan untuk mengenang cinta sejati pasangan tersebut dan untuk menginspirasi warga Parepare. Di samping itu, sebagai kado pernikahan untuk Habibie di hari ulang tahun pernikahannya dengan Ainun Habibie yang telah meninggal dunia saat itu.

Bukan hanya itu, Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun pun menjadi inspirasi bagi generasi mendatang untuk berkomitmen dengan pasangan hidupnya. Monumen ini sebagai simbol keabadian cinta dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Baca juga: Museum Ne’ Gandeng, Wisata Mengenal Tradisi Toraja dengan Panorama yang Indah

Sosok BJ  Habibie dan Ainun berhasil membuktikan kepada dunia bahwa cinta sejati itu tak pernah luntur. Cinta sejati itu tak pernah berakhir. Cinta sejati itu tetap mempesona karena itu tidak hancur oleh hancurnya raga dan cinta sejati itu memberi semangat hidup.

Daya Tarik Lain Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Suasana di Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun Parepare ini pun kerap ramai pengunjung. Salah satunya, tiap tahun berlangsung Festival Lovely Habibie Ainun. Kisah cinta Habibie Ainun yang telah banyak menginspirasi banyak pasangan membuat Lovely Habibie Ainun ini memiliki nilai jual tersendiri. Sehingga akan menarik banyak orang berkunjung di Kota Parepare.

Ada beberapa pagelaran yang telah pentas dalam Lovely Habibie Ainun ini. Seperti perahu hias, malam inspirasi Habibie Ainun, Hijab Carnaval, lomba keluarga harmonis, pameran musik dan seni, pameran kerajinan fashion, kuliner, dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca juga: Tiga Tarian Tradisional Sulsel yang Memukau Saat Pementasannya

Hebatnya, penyelenggaraan Lovely Habibie Ainun ini telah  menjadi salah satu kalender kepariwisataan di Kota Parepare. Oleh itu, gaungnya harus lebih menasional sehingga akan dapat mengembangkan sektor kepariwisataan di Kota Parepare.*

Pos terkait