Cari Ketenangan Dulu di Danau Deduhuk Muara Enim Sumsel

Danau Deduhuk
Danau Deduhuk di Muara Enim, Sumsel. (Source: Pemkab Muara Enim)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang lagi berkunjung ke Sumatera Selatan, terus cari ketenangan dengan pemandangan yang indah dan udara segar bisa mampir dulu ke Danau Deduhuk. Lokasinya ada di sebuah bukit di Kabuapaten Muara Enim.

Nama danau yang cukup unik ini berasal dari sebutan masyarakat. Karena di sekitar lokasi danau banyak terdapat tanaman deduhuk. Sejenis tanaman keras yang daunnya kecil-kecil berbulu dan buahya relatif kecil berwarna hitam di atas dan merah pada pangkal buahnya.

Objek wisata Danau Deduhuk masuk dalam wilayah Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Berjarak sekitar 130 km dari pusat kota Muara Enim, dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam berkendara.

Meski cukup jauh dari pusat kota, namun sepanjang perjalanan Sobat Turisian tidak akan bosan. Sebab banyak sajian pemandangan alam yang menyenangkan, hamparan sawah, serta perbukitan nan hijau. Kalian pun bisa singgah sebentar untuk menikmati buah stroberi, serta aneka jenis sayuran di kebun masyarakat.

Baca juga: Masjid Cheng Ho, Objek Wisata Religi Favorit di Kota Palembang

Danau Deduhuk memiliki luas sekitar 90 hektare dengan kedalaman sekitar 12 meter. Terbentuk karena proses alam, membuatnya tampil alami dan indah yang memanjakan mata. Terlebih dengan latar pegunungan yang menambah pesonanya.

Aktivitas Wisata

Saat mengunjungi destinasi wisata alam yang satu ini, Sobat Turisian bisa menjajal berbagai aktivitas wisata yang menarik. Kalian bisa hunting foto bernuansa alam atau swafoto dengan latar danau yang cantik. Tentu saja hasil fotonya pun ciamik dan instagenic banget, Sob!

Kalau Sobat Turisian ingin puas mengeksplorasi keindahan Danau Deduhuk, bisa mengelilingi danau dengan menggunakan rakit. Kalian bisa menyewa rakitnya dengan harga yang terjangkau, hanya sekira Rp5.000,00.

Nah buat yang hobi memancing, Sobat Turisian juga bisa menyalurkan hobinya di danau tersebut. Ada banyak ikan air tawar. Baik yang merupakan hasil budidaya warga sekitar maupun ikan alami yang hidup di danau ini.

Baca juga: Air Terjun Temam Lubuklinggau, Niagara Versi Mini yang Memukau

Tak hanya itu, di sekitar Danau Deduhuk terdapat lahan perkebunan stroberi yang bisa Sobat Turisian kunjungi secara berbayar. Enaknya lagi, kalian bisa memetik buah stroberi sendiri di kebun dan membelinya dengan harga Rp50.000,00 per kilogramnya. Selain kebun stroberi, penduduk juga menanam buah dan sayur lainnya, seperti markisa dan labu siam.*

 

Pos terkait