Air Terjun Temam Lubuklinggau, Niagara Versi Mini yang Memukau

Air Terjun Temam Lubuklinggau
Air Terjun Temam Lubuklinggau dijuluki Niagara mini yang memesona. (dok. Dispar Kota Lubuklinggau)

TURISIAN.com – Lubuklinggau di Sumatera Selatan menyimpan air terjun yang tampilannya mirip Niagara di Amerika. Namanya Air Terjun Temam yang sering disebut Niagara versi mini, karena bentuknya melebar dengan aliran air cukup deras.

Air Terjun Temam memiliki ketinggian 12 metar dan lebar 25 meter, sehingga bisa Sobat Turisian nikmati dari berbagai sudut. Seperti curug kebanyakan, terdapat kolam jatuhan air dengan kedalaman 4 meter, sehingga tidak disarankan untuk berenang.

Objek wisata di Lubuklinggau ini menyajikan suasana asri dan memukau siapa pun yang berkunjung. Batu-batuan alam dan kawasan perkebunan karet penduduk menghiasi tempat wisata alam ini. Sobat Turisian bisa nyaman di sana memanjakan tubuh untuk rehat dari rutinitas.

Istimewa lagi saat malam tiba, pesona Air Terjun Temam semakin indah dengan efek warna-warni lampu LED yang menyorot langsung ke aliran air terjun. Keindahan ini bisa Sobat Turisian nikmati mulai petang hingga malam hari. Adanya efek LED di air terjun menjadi incaran para pecinta selfie karena spotnya begitu eksotik dan instagenik.

Baca juga: Air Terjun Nyarai Surga Tersembunyi di Padang Pariaman

Destinasi wisata Lubuklinggau tersebut, juga mempunyai daya tarik lain berupa waterpark yang menarik mencobanya bersama keluarga. Ada spot foto-foto lainnya yang juga instagrammable, antara lain jembatan gantung yang berada 50 meter di atas air terjun. Lalu jalan setapak menuju air terjun dengan pepohonan rindang.

Lokasi & Akses ke Air Terjun Temam

Fasilitas pendukung wisata di sana pun sudah tersedia. Seperti turap (dinding penahan tanah) dan tangga yang memudahkan wisatawan mencari lokasi tepat untuk mengabadikan keindahan alam ini.

Lokasi tempat wisata Sumsel ini berada di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Sekitar 11 km ke arah selatan dari pusat Kota Lubuklinggau. Posisinya sekitar 50 meter dari jalan poros yang menghubungkan antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma.

Baca juga: 9 Sambal Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Perjalanan menuju ke sana hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat Kota Lubuklinggau. Sobat Turisian bisa mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat. Akses masuknya bisa melalui dua jalan masuk alternatif, yaitu jalan masuk ke arah Kelurahan Rahma atau Kelurahan Air Temam. Dengan kondisi jalan penghubung yang cukup baik.*

 

Pos terkait