Budaya Tana Toraja Jadi Tema ‘Meet Rooms’ Delegasi AFMGM 2023

Budaya Tana Toraja
Desa Kete Kesu merupakan kawasan cagar budaya dan pusat berbagai macam upacara adat Toraja. (Instagram/@icakicaktv

TURISIAN.com – Budaya Tana Toraja dari Provinsi Sulawesi Selatan dipilih menjadi tema ruang pertemuan AFMGM 2023 di Nusa Dua, Bali.

Para utusan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral se-ASEAN (AFMGM) ini juga disuguhkan beberapa tarian tradisional.

“Ornamen rumah tongkonan budaya Tana Toraja menjadi tema utama ruang pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank sentral se-ASEAN,” kata kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Imam Karana seperti dikutip dari Antaranews, Sabtu 1 April 2023.

“Ini merupakan satu kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Sulsel,” sambungnya.

BACA JUGA: Maskapai Wings Air Buka Rute Baru Balikpapan-Tana Toraja

Dia mengatakan, menghadirkan karya budaya tertentu dalam pertemuan tingkat ASEAN ini menjadi salah satu ajang promosi wisata budaya bagi Sulawesi Selatan.

Desain interior dengan nuansa rumah khas masyarakat Tana Toraja (Tongkonan) ini, lanjut dia, tampak seperti duplikat dari aslinya yang berada di Tana Toraja Sulawesi Selatan.

Rumah adat Tongkonan memiliki bentuk rumah panggung persegi panjang dengan atap menyerupai perahu menggunakan buritan.

Sementara bagian depan rumah adat Tongkonan yang asli di Toraja, disematkan dengan tanduk kerbau.

BACA JUGA: Pango Pango, Negeri di Atas Awan Tana Toraja yang Memesona

Karena itu, lanjut dia, ini patut diapresiasi dengan baik mengingat pertemuan ini juga telah mempromosikan wisata budaya Toraja.

“Semoga hal ini dapat mendorong tingkat kunjungan wisata di Toraja. Dan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulsel ini.

Kegiatan ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) diselenggarakan sejak Selasa (28/3) dan resmi ditutup pada Jumat (31/3).

Pertemuan itu merupakan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Indonesia 2023.    ***

 

Pos terkait