Pango Pango, Negeri di Atas Awan Tana Toraja yang Memesona

Pango Pango Tana Toraja
Pango Pango Tana Toraja dengan lautan awannya. (dok. Disbudpar Sulsel)

TURISIAN.com – Tana Toraja di Sulawesi Selatan bukan hanya menarik karena budayanya, tapi juga menarik dengan pemandangan alamnya yang memukau. Salah satunya objek agrowisata Pango Pango Tana Toraja.

Pango Pango Tana Toraja sendiri merupakan hutan yang berada di atas ketinggian 1.600-1.700 mdpl, berjarak 10 kilometer dari Kota Makale. Selain kecantikan pemandangan hutannya, tempat wisata Toraja ini juga menawarkan tempat untuk menyaksikan Kota Makale (ibu kota Kabupaten Tana Toraja) dari ketinggian.

Dataran tinggi ini tergolong yang masih jarang terjamah manusia. Karena lokasinya berada di area perbukitan, Sobat Turisian bisa melihat hamparan awan di bawah kaki. Sehingga tak sedikit juga yang menjulukinya sebagai “Negeri di Atas Awan” Tana Toraja.

Suasananya yang tenang dengan hembusan angin yang terus menyapa tubuh. Sungguh tempat yang sempurna buat menghilangkan rasa penat.

Tak hanya itu, Sobat Turisian juga dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset, sembari menyeruput secangkir Kopi Tana Toraja yang nikmat. Wah, jamin Sobat Turisian rileks, nyaman, dan malas pulang!

Baca juga: Mencicipi Pa’Piong, Kuliner Unik Khas Tana Toraja

Berbagai wahana seru dan fasilitas tambahan sudah tersedia di Pango Pango Toraja ini. Antara lain gazebo, flying fox, ayunan di ketinggian, jalan setapak, hingga taman piknik dengan bunga-bunga cantik dan toilet.

Wisata Pango Pango Toraja

Begitu tiba di lokasi wisata Pango Pango, Sobat Turisian bakal disambut pepohonan dan semak hijau rindang. Walaupun demikian disana sudah diberikan akses jalan. Jalan tersebut membantu pengunjung lebih mudah menjelajahi lokasi wisata.

Di destinasi wisata Tana Toraja ini, banyak tumbuh pohon pinus yang memiliki ukuran besar-besar tinggi menjulang. Adanya pohon pinus bermanfaat sebagai tempat berteduh bagi Sobat Turisian dari trik panas matahari ketika siang hari.

Bila berada di puncak bukit, Sobat Turisian bisa menyaksikan keindahan kota Makale, pemandangan kota yang terlihat megah. Selain itu Sobat Turisian bisa menanti sunrise atau sunset di bukit ini. Jangan lupa buat mengabadikannya lewat jepretan kamera.

Lokasi & Rute ke Pango Pango Tana Toraja

Wisata Pango Pango berlokasi di Kelurahan Pasang, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Jaraknya cukup jauh dari Kota Makassar, sekitar 300 km dan membutuhkan waktu perjalanan hampir 8 jam.

Rute menuju ke destinasi wisata Tana Toraja ini, pertama dari Makassar menuju ke Kabupaten Tana Toraja. Sebaiknya menggunakan transportasi pesawat Trans Nusa dari Kota Makasar, karena bisa menempuhnya lebih cepat dibandingkan jalan darat, selisihnya bisa sampai 6 jam.

Harga Tiket Masuk Pango Pango Tana Toraja

Biaya retribusi wisata bagi Sobat Turisian yang akan memasuki kawasan Pango Pango Tana Toraja cukup terjangkau. Hanya wajib membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000.

Baca juga: Tongkonan yang Unik dan Indah, Rumah Panggung Tradisional Masyarakat Toraja

Selanjutnya untuk Sobat Turisian yang ingin membawa barang hasil petik di kebun kawasan ini, tinggal membelinya langsung dari pengelola. Harganya pun masih bersahabat di kantong.*

Pos terkait