Berkemah Asyik Bersama Keluarga di Desa Wisata Tinalah Yogyakarta

Desa Wisata Tinalah
Camping Ground Desa Wisata Tinalah Yogyakarta. (Source: Dinpar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Kulon Progo di Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk Sobat Turisian nikmati. Salah satunya Desa Wisata Tinalah yang kaya akan potensi wisata alam, edukasi, dan budaya. Jadi dari satu tempat ini, Sobat Turisian bisa mendapat banyak keseruan dan pengalaman berkesan.

Desa ini berada di kawasan Sungai Tinalah dan Perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo. Terletak pada ketinggian 117 mdpl dengan suhu rata-rata 25-32 celcius.

Objek wisata Yogyakarta ini mengusung skonsep penyatuan alam dan nilai-nilai budaya dengan slogan Pesona Alam dan Budaya. Nama desa wisata ini berasal dari nama Sungai Tinalah, sering disebut juga dengan nama Dewi Tinalah.

Sat berwisata ke Tinalah, Sobat Turisian bisa menikmati berbagai aktivitas wisata yang menarik dan seru untuk dilakukan. Seperti outbond, camping, trekking, dan river tubing. Sobat Turisian juga dapat menelusuri keindahan alam dengan mendaki Puncak Kleco, menyusuri Sungai Tinalah, dan Gua Sriti.

Baca juga: Gunung Kuniran Kulon Progo, Tempat Terbaik Menikmati Pesona Sunset

Tak hanya itu, bagi Sobat Turisian yang berminat untuk mempelajari sejarah, di Desa Wisata Tinalah terdapat sebuah museum. Bernama Museum Sandi Negara yang menjadi tempat penyimpanan beragam benda bersejarah.

Tempat wisata Kulon Progo ini pun sangat cocok sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat. Serta mengembalikan kesegaran tubuh dan semangat Sobat Turisian setelah terkuras akibat kesibukan aktivitas kerja yang padat dan melelahkan. Terlebih lagi udara di sini cukup segar, bikin Sobat Turisian rileks dan sehat.

Paket Wisata & Lokasi Desa Wisata Tinalah

Jika ingin lebih seru, Sobat Turisian bisa memilih paket wisata yang tersedia di Desa Wisata Tinalah. Antara lain paket menginap di Joglo Wiguna dan Omahku, menginap bersama alam, menginap di rumah Joglo, outbound, camping area, Makrab Jogja, Tinalah Tubing.

Ada juga paket family dan community gathering, Tinalah Trekking, Susur Sungai Tinalah, Joglo Meeting Room, live in, dan wisata alam di Puncak Kleco.

Baca juga: Menikmati Senja di Waduk Sermo Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Lokasi desa wisata ini terletak di Jalan Persandian KM 5, Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya dapat Sobat Turisian tempuh dengan segala jenis kendaraan pribadi, mobil, motor, dan bus.*

 

Pos terkait