Situ Gede Bogor, Sajikan Alam Menawan Hingga Jadi Pusat Penelitian Hutan Internasional

Situ Gede Bogor
Situ Gede Bogor. (Dok. Disparbud Kota Bogor)

TURISIAN.com – Kota Bogor ternyata menyimpan objek wisata alam yang menjadi pusat penelitian hutan internasional. Tempatnya yaitu Situ Gede Bogor. Sobat Turisian wajib mampir ke sini buat isi liburan akhir pekan nanti.

Situ atau danau seluas 6 hektare tersebut, menyajikan panorama alam yang menawan dengan suasana asri serta berhawa sejuk. Kesejukannya berasal dari hutan yang mengelilinginya, yang merupakan kawasan hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan. Berfungsi sebagai lokasi Pusat Penelitian Kehutanan Internasional atau Cifor (Center for International Forestry Research).

Air di Situ Gede Kota Bogor bersumber dari mata air yang bermuara di Situ Burung, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Setelah terkumpul di danau, air tersebut sebagian berguna untuk irigasi sawah dan perkebunan di sekitar Kelurahan Situ Gede yang luasnya mencapai 70 hektar.

Selain bermanfaat sebagai penampung air, situ ini pun menjadi destinasi rekreasi dan olahraga yang menyenangkan. Apalagi di kala senja saat sang surya mulai tenggelam, panorama alam di sekitar situ semakin eksotis dan romantis buat yang datang bersama pasangannya.

Sobat Turisian akan lebih puas menikmati keindahan Situ Gede Bogor dengan menaiki perahu dan mengelilingi pulau mungil di tengah danau. Tak jauh dari lokasi Situ Gede juga terdapat dua anak danau lagi, yaitu Situ Leutik yang kini sudah menghilang dan Situ Panjang.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bogor yang Menarik Dikunjungi Bersama Keluarga

Menurut warga sekitar, ketiga situ itu jika diamati secara seksama akan tampak berbentuk menyerupai sebilah kujang. Senjata khas masyarakat Jawa Barat yang juga menjadi lambang Provinsi Jawa Barat.

Di luar pesonanya, objek wisata Bogor ini juga sudah lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung. Seperti area parkir, taman, gazebo, area perkemahan, tempat kuliner, toilet, dan tempat ibadah. Ada lagi yang paling bikin pengunjung senang, yakni spot foto keren yang instagrammable, perahu bebek, serta perahu kayuh.

Lokasi & Rute ke Situ Gede Bogor

Tempat wisata alam Bogor ini, berada di Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bogor. Lokasinya yang strategis, membuat Situ Gede relatif mudah untuk Sobat Turisian jangkau.

Rute menuju ke sini bisa Sobat Turisian mulai dari Stasiun Kota Bogor. Dari situ kalian tinggal naik angkutan umum nomor 03 (BS-Bubulak) dan turun di Sindang Barang Jero(SBJ). Kemudian naik angkutan umum 15 (SBJ-Ps.Anyar) dan langsung turun di Situ Gede Bogor.

Bila berangkat dari Terminal Baranangsiang Kota Bogor, Sobat Turisian bisa menggunakan angkot nomor 03, lalu turun di Sindang Barang Jero(SBJ). Lanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum 15 (SBJ-Bubulak) hingga tiba di lokasi.

Baca juga: Berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang, Paling Tua di Bogor

Bagi Sobat Turisian yang memilih menggunakan kendaraan pribadi dan datang dari arah Jakarta, dapat melalui Jalan Sholeh Iskandar-Yasmin-Terminal Bubulak-Situ Gede. Sedangkan jika datang dari arah Kota Bogor dapat melalui Jalan Gunung Batu-Terminal Bubulak-Situ Gede.*

 

 

Pos terkait