6 Destinasi Wisata Gorontalo yang Oke Buat Tujuan Liburan Kalian

wisata gorontalo
Bertemu Hiu Paus yang langka di Pantai Botubarani Gorontlo.

TURISIAN.com – Gorontalo sebagai provinsi termuda di Pulau Sulawesi memiliki potensi wisata yang begitu besar. Banyak destinasi wisata Gorontalo yang menarik untuk Sobat Turisian datangi. Mulai dari wisata budaya, edukasi, kuliner, dan tentunya wisata alam.

Nah bagi Sobat Turisian yang penasaran berlibur ke sana, bisa catat enam rekomendasi destinasi wisata Goorontalo berikut ini. Sebagai bahan daftar kunjungan untuk wisata ke provinsi yang juga terkenal sebagai Semenanjung Gorontalo paada masa Hindia Belanda tersebut.

1. Rumah Adat Dulohupa

wisata Gorontalo

Bagi Sobat Turisian yang suka wisata sejarah, wajib mampir nih ke situs Rumah Adat Dulohupa saat liburan ke Gorontalo nanti. Di sana, bisa melihat kondisi bagaimana kehidupan keluarga kerajaan zaman dulu. Soalnya, rumah ini dulunya sebagai tempat musyawarah keluarga kerajaan.

Menariknya lagi, bangunan Rumah Adat Dulohupa menggunakan material berdasarkan prinsip dan kepercayaan. Seperti penutup bangunan terbuat dari jerami berbentuk mirip pelana atau atap segitiga bersusun dua yang menggambarkan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dan menjadi penangkal roh jahat yang akan masuk ke dalam rumah.

2. Hiu Paus di Botubarani

Destinasi wisata Gorontalo berikutnya lebih seru dan menantang. Tempatnya di Botubarani yang merupakan magnet wisata Gorontalo banget. Pasalnya, di sini Sobat Turisian bisa melihat sekaligus berenang bareng satwa laut langka hiu paus yang sibuk hilir mudik saat pagi hari.

Baca juga: Danau Limboto di Gorontalo yang Indah, Tempat Singgah Ribuan Burung Migran

Bisa dikatakan, pantai Botubarani merupakan basecamp dari hiu paus. Meski hiu paus tidak setiap saat muncul, objek pantai ini cukup strategis dan mudah Sobat Turisian jangkau buat tujuan liburan. Hanya butuh 30 menit dari pusat kota Gorontalo untuk menggapainya.

3. Pantai Olele Gorontalo

wisata Gorontalo

Masih objek wisata pantai, Gorontalo juga punya Pantai Olele buat Sobat Turisian nikmati. Di Pantai Olele banyak banget spot terumbu karang yang bakalan bikin kalian terpana.

Sebutan sebagai surga tersembunyi untuk pantai ini makin lengkap karena tempat ini menjadi spot favorit para penggemar diving dan snorkeling. Keindahan dan kejernihan air di Pantai Olele juga akan membuat Sobat Turisian jatuh cinta pada pandangan pertama.

4. Danau Perintis Gorontalo

Danau Perintis

Alternatif tempat wisata di Gorontalo selain pantai, ada Danau Perintis yang berlokasi di Desa Huluduotamo, Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Danau buatan ini sengaja dibangun untuk menampung air bagi pengairan sawah di desa ini.

Akses ke danau ini pun cukup mudah Sobat Turisian jangkau. Di kawasan Danau Perintis juga tersedia camping area yang dibuka hanya pada hari Rabu dan Sabtu.

Baca juga: Unik, Pisang Goroho Khas Gorontalo Justru Enak Dimakan Saat Belum Matang

Jika Sobat Turisian hanya berniat untuk berkunjung sebentar, danau ini juga cocok untuk bercengkrama sekaligus melepas penat dari rutinitas kehidupan sementara waktu.

5. Tanjung Kramat Gorontalo

Tanjung Kramat

Wisata Gorontalo yang lainnya, ada Tanjung Kramat yang tak kalah indah. Meski berdekatan dengan pemukiman warga, tapi Sobat Turisian bisa mengeksplorasi pesona Tanjung Kramat dari berbagai sudut pandang yang ciamik dari atas bukit.

Uniknya lagi, Sobat Turisian tidak perlu mendaki karena bukit ini sudah berada di sisi jalan. Bagi kalian pencinta senja, dengan berbagai keindahannya, jamin Sobat Turisian tak akan pernah kapok liburan ke tempat wisata Gorontalo ini.

6. Wisata Edukasi di Desa Wisata Bubohu

Desa Wisata Bubohu

Untuk objek wisata Gorontalo yang satu ini, Sobat Turisian bisa merasakan wisata khas pedesaan. Bahkan Desa Wisata Bubohu ini sudah mengukir prestasi dengan berhasil menduduki posisi juara 2 dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Baca juga: Rahasia Wanita Gorontalo dalam Mempertahankan Kecantikan, Seperti Ini

Dengan potensi wisata religi atau pengalaman spiritual yang menarik, desa ini punya banyak pesona yang memukau. Ada sejumlah atraksi wisata alam dan edukasi yang bisa Sobat Turisian nikmati di Desa Wisata Bubohu. Antara lain Pantai Dulanga, Museum Alam Karst, dan Museum Alam Fosil Kayu.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait