Rahasia Wanita Gorontalo dalam Mempertahankan Kecantikan, Seperti Ini

Rahasia Wanita Gorontalo
Ilustrasi. Perawatan wajah wanita. (Pixabay.com / @Tumisu)

TURISIAN.com – Wanita Gorontalo memiliki rahasia kecantikan yang biasa disebut dengan Mohibadaa. Kekayaan tradisi yang sudah dilakukan secara turun-temurun.

Wanita Gorontalo biasa menggunakan mohibadaa terutama di bulan Ramadhan. Tujuannya supaya kulit tetap cantik paripurna selama berpuasa.

Karena mohibadaa inilah, kulit wajah dari wanita Gorontalo memiliki tekstur kenyal yang terhidrasi dengan sempurna.

Dikutip TURISIAN.com- dari adira.co.id pada Rabu, 7 April 2022, berikut adalah rahasia kecantikan dari para wanita Gorontalo, Mohibadaa.

Tradisi Perawatan di Bulan Ramadhan

Pernahkah sobat Turisian merasakan perbedaan tekstur kulit selama berpuasa di Bulan Ramadhan? Kulit akan terasa lebih kering dari biasanya karena kurangnya asupan air ke dalam tubuh ketika berpuasa.

Namun, tidak demikian dengan para wanita di Gorontalo, kulit mereka tetap terhidrasi dengan sempurna, bahkan selama menjalankan ibadah puasa.

BACA JUGA: Unik, Pisang Goroho Khas Gorontalo Justru Enak Dimakan Saat Belum Matang

Mohibadaa dipercaya oleh wanita Gorontalo sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit. Biasanya mereka akan memakai bedak mohibadaa khususnya di bulan Ramadhan.

Dengan demikian, disini mohibadaa berperan sebagai pelindung kulit dari paparan panas dari sinar matahari. Serta efek samping dari kurangnya cairan di dalam tubuh.

Namun demikian, banyak wanita Gorontalo yang juga tetap memakai bedak mohibadaa ini.  Meskipun di luar bulan Ramadhan untuk mempertahankan elastisitas kulit wajah.

Menggunakan Bahan-bahan Alami

Ramuan mohibadaa yang berbentuk bedak atau tabur ini dibuat dari rempah-rempah pilihan yang berasal dari Indonesia. Seperti epung beras, kunyit, kencur dan juga bangle.

Semua bahan-bahan tersebut kemudian dihaluskan dan dicampur bersamaan, sebagian wanita Gorontalo juga kerap menambahkan ketan sebagai bahan campuran tambahan agar hasil tumbukannya menjadi lebih halus.

BACA JUGA: Ini 5 Pusat Takjil Paling Populer dari Berbagai Daerah di Indonesia

Cara Membuat Ramuan

Jika kalian ingin meniru rahasia kecantikan dari wanita Gorontalo, caranya sangat mudah, cukup merendam beras terlebih dahulu, setelah itu baru tumbuk beras yang telah direndam.

Serta jangan lupa untuk menumbuk bahan-bahan lainnya seperti kunyit, kencur dan bangle, tumbuk semua bahan hingga memiliki tekstur halus seperti tepung.

Nah, campuran tepung herbal inilah yang nantinya bisa dioleskan ke wajah untuk dijadikan masker, kemudian sobat turisian hanya perlu menunggu masker tersebut mengering dan terakhir dibilas hingga bersih.

Bubuk Bedak Mohibadaa

Namun, bagi yang tidak ingin repot-repot menumbuk, bubuk bedak mohibadaa juga dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional Gorontalo dengan harga mulai dari Rp 15.000.

Ini Bahan Alami yang Diperlukani

Para wanita Gorontalo percaya bahwa ramuan mohibadaa mampu membuat kulit lebih segar, lembap, dan terlihat bercahaya.

Karena sifatnya yang melembabkan kulit, mohibadaa juga memiliki khasiat untuk mencegah kerutan pada kulit.

BACA JUGA: Buah Merah, Rahasia Kecantikan Wanita Papua dan Segudang Manfaat Lainnya

Campuran rempah dari mohibadaa juga memiliki wangi yang sangat enak dan tahan lama.

Jika sobat turisian ingin lebih menyelami manfaat dari mohibadaa, mari kita telisik lebih jauh sejuta manfaat dari seluruh bahan-bahannya.

Yang pertama, kencur dikenal oleh masyarakat luas karena disebut mampu menghilangkan jerawat, karena tanaman ini memiliki sifat yang dapat mencegah hormon yang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat pada kulit.

Bahkan, bekas jerawat seperti noda hitam yang membandel pun bisa dihilangkan oleh pemakaian kencur secara rutin.

Kunyit sangat kaya akan antioksidan dan juga memiliki sifat antiinflamasi yang cukup baik, oleh karena itu, kunyit dikenal ampuh untuk mencegah penuaan.

Kandungan Antioksidan dan Antiinflamasi

Maka dari itulah, tidak mengherankan jika wanita Gorontalo sangat percaya bahwa mohibadaa ini dapat mencegah timbulnya kerutan di wajah karena kandungan kunyit di dalamnya.

BACA JUGA: Segarnya Berenang di Umbul Siblarak Klaten, Kolam Air Alami di Tengah Persawahan

Kemudian, bangle memiliki khasiat yang dipercaya bisa mengobati sejumlah penyakit kulit seperti luka, ruam, eksim dan gatal.

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dimiliki bangle juga sangat tinggi.

Dan terakhir, tepung beras memiliki kandungan vitamin serta asam amino yang bisa bekerja untuk mencerahkan warna kulit, tepung beras juga dapat meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit.

Mohibadaa juga dimanfaatkan sebagai tabir surya alami karena tepung beras memiliki kandungan para aminobenzoic acid.

Nah, apabila sobat turisian memiliki masalah dengan kulit berminyak, tepung beras dipercaya bisa menyerap kelebihan minyak di wajah, jadi patut sekali untuk dicoba.

Partikel tepung beras memiliki sifat yang bisa menyerap minyak serta mudah menyatu dengan lapisan kulit, maka dari itu, tepung beras di mohibadaa sangat baik untuk dijadikan bedak.

***

Pos terkait