Danau Limboto di Gorontalo yang Indah, Tempat Singgah Ribuan Burung Migran

Danau Limboto
Danau Limboto Gorontalo yang memesona. (iStock)

TURISIAN.com – Danau Limboto merupakan danau terbesar di Gorontalo yang menyajikan panorama alam yang indah. Serta ada atraksi alam dan sumber panas (geothermal), menambah daya tarik danau tersebut.

Objek wisata ini menjadi muara bagi 23 sungai yang mengalir di sekitarnya. Di samping itu, tepian danau yang berlumpur termasuk yang ada di persawahan sekitar danau, merupakan hasil substrat kaya akan unsur hara.

Di danau yang berlokasi di Kecamatan Limboto, Gorontalo ini, Sobat Turisian bisa menikmati pesona keindahan alam sekitar dan sejumlah keunikannya. Yaitu terhubung dengan laut langsung dan menjadi habitat bagi ikan dan burung migran.

Nah untuk menyaksikan atraksi alam kedatangan ribuan burung migran yang singgah di sini, maka Sobat Turisian harus datang pada Agustus hingga Oktober. Di periode tersebut, ribuan burung akan singgah di danau ini untuk mencari makanan, sebelum mereka meneruskan perjalanan ke benua lain.

Aktivitas Wisata Danau Limboto

Agar lebih puas menikmati keindahan Danau Limboto, Sobat Turisian bisa mengelilinginya menaiki perahu sewaan dari masyarakat setempat. Persewaan perahunya, banyak terdapat di Kampung Kayudurian.

Hebatnya, masyarakat di sana tak mematok harga khusus untuk sewa perahu. Sobat Turisian tinggal bernegosiasi langsung dengan pemiliknya.

Baca juga: Unik, Pisang Goroho Khas Gorontalo Justru Enak Dimakan Saat Belum Matang

Bagi Sobat Turisian yang hobi memancing, Danau Limboto bisa jadi pilihan yang menarik. Di dalamnya hidup beragam jenis ikan tawar, seperti nila, tawes, mujair, dan gabus.

Limboto juga memiliki ikan endemik, yaitu Manggabai (Glossogobius giuris) dan Payangga (Ophiocora porocephala). Hanya saja, kini ikan endemik itu sudah sulit ditemukan.

Setelah lelah beraktivitas di mengelilingi danau, Sobat Turisian bisa mampir ke beberapa kedai makan di sana, untuk istirahat sekalian mengisi perut. Kedai-kedai ini menawarkan aneka menu masakan berbahan baku ikan air tawar.

Ada menu ikan bakar atau ikan goreng yang lezat, tinggal pilih sesuai  selera. Kenikmatan masakan ikan semakin mantap dengan kehadiran sambal pedas khas setempat, yaitu sambal dabu-dabu.

Waktu Terbaik ke Danau Limboto

Berkunjung ke tempat wisata Gorontalo tersebut, baiknya datang pada pagi atau sore hari saat menjelang senja. Karena ini menjadi waktu terbaik untuk menikmati pemandangan danau.

Saat matahari terbit atau tenggelam pemandangan danau kian eksotis memesona. Dengan kilau cahaya matahari yang jatuh di permukaan air danau dan nuansa langit yang berubah warna.

Baca juga: Danau Linow Tomohon yang Menakjubkan, Miliki Tiga Warna Berbeda

Jika berkunjung pada sore hari, Sibat Turisian tak hanya mendapatkan keindahan sunset. Namun juga dapat menyaksikan sekelompok burung liar terbang melintasi danau menuju sarang mereka. Sebuah atraks alam yang memukau dan jarang ditemui di tempat wisata lain.*

 

 

Sumber: indonesia.go.id

Pos terkait