Menengok Keindahan Batu Belimbing di Bangka Selatan. Hanya Ada 5 di Dunia!

Batu Belimbing
Batu Belimbing di Kabupaten Bangka Selatan. (Foto: Iwan)

TURISIAN.com – Wisata Pulau Bangka identik dengan destinasi pantainya yang indah, ombak kecil, dan pasir putih. Namun di Kabupaten Bangka Selatan ada satu objek wisata bukan pantai yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Namanya Batu Belimbing Toboali.

Terletak di Desa Tanjung Ketapang, Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Lokasinya mudah terjangkau, hanya berjarak sekira 1,5 km dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari pusat kota Toboali.

Di geowisata Batu Belimbing Toboali ini, Sobat Turisian bisa menengok sebuah karya alam berupa kumpulan batu granit besar yang mengagumkan. Deretan batu granit berukuran besar tersebut berdiri kokoh di sebuah dataran berkontur seperti bukit, tak jauh dari bibir Pantai Kelisut.

Istimewanya, fenomena alam batu granit semacam ini hanya ada 5 di dunia. Dua ada di Pulau Bangka, yaitu di Toboali ini dan di Pantai Romodong Belinyu, Bangka. Sedangkan lainnya ada di Pantai Anambas, Kep. Riau; Ayer Rock Australia; dan di Sin Zhuan China. Jadi Indonesia punya tiga karya alam yang menakjubkan tersebut.

Secara visual tampilan kumpulan batu granit di Toboali mirip buah belimbing. Hal inilah yang menjadi latar penamaan Batu Belimbing. Sobat Turisian akan melihat irisan batu yang terbentuk secara alami, persis seperti guratan buah belimbing.

Irisan batu semmaca itu terbentuk akibat adanya pengikisan dari air hujan yang terjadi selama ratusan tahun. Hingga akhirnya membentuk pola lubang yang unik mirip pola buah belimbing.

Baca juga: Unik dan Indah, Danau Kaolin Bangka Miliki Dua Warna Air

Selain menikmati pesona Batu Belimbing, di sini Sobat Turisian bisa memanjakan mata panorama lanskap Pantai Kelisut yang berada di bawahnya. Suasana di sana pun cukup asri dengan pepohonan rindang bikin teduh dan nyaman.

Lebih menarik lagi, saat menikmati keindahan momen sunrise di pagi hari atau sunset di kala senja. Pastikan ambil foto-foto instagenik dengan latar bebatuan saat sunset, pas buat nambah koleksi foto medsos.

Berkunjung ke destinasi wisata Bangka Selatan yang satu ini tanpa ada biaya masuk, hanya membayar biaya parkir kendaraan. Sobat Turisian bisa datang kapan pun karena geowisata tersebut tidak memiliki jam buka seperti objek wisata pada umumnya.

Rute Menuju Batu Belimbing

Jika ingin menuju ke sana, Sobat Turisian disarankan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan, baik motor ataupun mobil. Sebab rute menuju Batu Belimbing minim transportasi umum.

Bila Sobat Turisian berangkat dari Kota Pangkalpinang akan menempuh perjalanan selama 2 jam 17 menit dengan jarak sekitar 127 km. Dengan mengikuti Jalan Permata menuju Jalan Soekarno Hatta.

Lalu teruskan ke Jalan Pangkal Pinang – Namang. Saat bertemu bundaran, ambil jalan keluar kedua ke Jalan Kenanga Atas. Lanjutkan perjalanan hingga ke Jalan Mayor Munzir IV.

Baca juga: Bangka Botanical Garden, Metamorfosis Lahan Kritis jadi Wisata Eksotis

Setelah itu, belok ke arah kanan ke Jalan H Agus Salim. Lanjut ke kiri Jalan Mayor Syafrie Rahman. Belok ke kanan dua kali menuju Jalan Suhali Toha, dan ke kanan lagi ke Jalan Batu Belimbing hingga tiba di lokasi.*

 

 

Pos terkait