Bangka Botanical Garden, Metamorfosis Lahan Kritis jadi Wisata Eksotis

Bangka Botanical Garden
Deretan pepohonan yang berjajar rapi di Bangka Botanical Garden. (Foto: Iwan)

TURISIAN.com – Bangka Botanical Garden (BBG) menjadi salah satu tempat wisata eksotis dengan suasana asri dan berhawa sejuk di tengah panasnya cuaca Pulau Bangka. Ekowisata ini memiliki area seluas 200 hektar yang merupakan hasil metamorfosis dari lahan kritis eks tambang timah.

Lokasinya berada dekat objek wisata Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Meski bertanah gambut dan berpasir, namun BBG berhasil dikembangkan menjadi area pertanian tanaman holtikultura yang dimulai sejak tahun 2006. Bahkan kini menjadi destinasi wisata unggulan Bangka, di luar wisata pantai yang mendominasi.

Berkat perubahan tersebut, Bangka Botanical Garden semakin memesona. Suasananya yang asri, sejuk, dan dihiasi deretan pepohonan rindang yang tertata rapi membuat wisatawan yang datang merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Di luar tanaman, di dalam kawasan BBG juga terdapat peternakan sapi, kandang aneka unggas, dan penyediaan pakan ternak. Sapi ternak yang dipelihara berjenis Friesland Holstein, Limousin, Simental, Black Angus dan Sapi Bali. Terdapat pula kolam-kolam ikan air tawar yang dapat juga menjadi spot untuk kegiatan memancing.

Baca juga: Unik dan Indah, Danau Kaolin Bangka Miliki Dua Warna Air

Tersedia pula bangunan rumah kayu serta gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai, menikmati pemandangan. Salah satu yang menarik perhatian pengunjung, yaitu bangunan rumah khas Bangka berbahan kayu.

Aktivitas Wisata

Rekreasi ke BBG semakin lengkap dengan ditemani sajian kuliner dari kafe dan kedai yang tersedia di sana. Ada menu tekwan yang wajib dicoba, olahan ikan lezat dengan kuah pedas dicampur perasan jeruk kunci khas Bangka menambah kesegaran di mulut.

Jangan lewatkan juga aneka minuman olahan susu murni atau yogurt. Serta makanan berbahan susu yang sudah dikemas dengan rasa coklat dan stroberi. Semua bahan susu yang digunakan merupakan hasil dari peternakan sapi di BBG.

Aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan pengunjung, diantaranya memetik sendiri buah-buahan dan sayuran dari kebun BBG. Ada buah naga, jeruk, jambu biji, mangga, semangka, pepaya, sawo serta cabai. Nantinya, petugas akan menimbang buah-buahan yang Anda petik. Jangan khawatir, harganya cukup terjangkau.

Baca juga: Tak Hanya Pantai, Bali Punya Wisata Fotogenik Big Garden Corner

Mengutip dari laman Dispar Pangkalpinang, kini Bangka Botanical Garden menjadi acuan pengembangan lahan tidak produktif bagi daerah-daerah di Indonesia. Serta menjadi kawasan ekowisata modern serta ikon kepedulian lingkungan masyarakat Bangka Belitung.*

 

 

Pos terkait