Pantai Tablanusu Jayapura yang Memesona dengan Hamparan Batu Koral Hitam

Pantai Tablanusu
Pantai Tablanusu Kabupaten Jayapura, Papua. (Source: Disbudpar Kab. Jayapura )

TURISIAN.com – Pantai Tablanusu merupakan salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Jayapura, Papua yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi saat liburan nanti. Pantai ini sangat eksotis dan unik karena memiliki hamparan batu koral hitam.

Destinasi wisata pantai ini berlokasi di Kampung Entiyebo, Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Berjarak sekitar 60 km dari Kota Jayapura atau 2 jam perjalanan dengan mengendarai mobil.

Di sini Sobat Turisian bisa memanjakan diri dengan beragam daya tarik wisata super lengkap. Seperti wisata hutan, pantai, danau, sejarah, hingga wisata budaya. Nama Pantai Tablanusu sendiri berasal dari 2 kata dalam  bahasa setempat. Yaitu “Tepara” yang berarti satu suku asli di sana dan “Onusu” berarti pengaturan matahari.

Keunikan yang menjadi magnet utama wisata pantai yang satu ini bukan pasir putih yang terbentang di tepi pantai, melainkan batu-batu kerikil berukuran 1-4 sentimeter. Bentuknya mirip dengan batu kali yang licin.

Ke mana pun mata Sobat Turisian bergeser, akan tampak hamparan batu alam mengkilap tersebut. Begitu juga, ke mana pun kaki melangkah, suara batu koral yang terinjak senantiasa terdengar. Langkah kaki berjalan, batu-batunya bergerak dan bergesekan, sehingga menimbulkan bebunyian. Bunyi bebatuan itulah yang menyerupai isak tangis, hingga akhirnya Pantai Tablanusu berjuluk “Batu Menangis”.

Salah satu tujuan favorit di Papua tersebut, selalu ramai wisatawan pada akhir pekan. Sebab alam di sini sangat indah, suasananya damai, nyaman, serta air laut jernih dan ombaknya tenang. Plus keramahan warga lokal yang siap menyambut Sobat Turisian begitu tiba di lokasi.

Baca juga: Melancong ke Pantai Harlem, Salah Satu Pantai Tercantik di Jayapura

Liburan di Pantai Tablanusu Jayapura ini pun semakin nyaman karena tersedia gazebo-gazebo, homestay dan Suwae Resort untuk mendukung akomodasi kalian. Bukan hanya wisata pantai, kawasan ini juga menawarkan wisata petualangan dengan menyusuri perbukitan di belakang kampung tersebut. Ada wisata alam dengan hutan desa, serta pesona Danau Dukumbo yang masih alami.

Daya Tarik Lain di Tablanusu

Selain pesona pantai, ada banyak tempat yang eksotis untuk Sobat Turisian di sini. Kalian bisa melakukan trekking hutan bersama dengan warga setempat. Lalu buat kalian pecinta wisata sejarah, dapat melihat sisa-sisa tentara aliansi dari masa Perang Dunia II.

Menurut sejarah, kawasan kampung dan Pantai Tablanusu merupakan salah satu pangkalan militer untuk aliansi di sisi timur Indonesia. Ada juga sebuah kuburan dekat gereja yang perkiraan sebagai salah satu tokoh penting dan berjasa membangun gereja.

Kemudian di area hutan dekat pantai, Sobat Turisian dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis hewan endemik dan tanaman yang tumbuh secara alami. Di tengah hutan banyak danau yang penuh ikan air tawar seperti ikan emas, mujair, dan bandeng.

Tak hanya itu, terdapat pula dua pulau kecil di dekat Pantai Tablanusu yang menarik Sobat Turisian singgahi. Hanya butuh beberapa menit untuk sampai ke pulau-pulau tersebut. Di pulau-pulau ini kalian bakal menjumpai anggrek khas Papua yang tumbuh indah menawan. Juga dapat melihat pemandangan indah dari dua pulau kecil ini.

Jika sudah puas mengeksplorasi kawasan wisata ini, Sobat Turisian bisa beristirahat dan menginap. Tersedia rumah-rumah penduduk setempat (homestay) yang bisa kalian sewa di Desa Tablanusu.

Akses menuju Pantai Tablanusu

Untuk menjangkau destinasi wisata Papua tersebut, Sobat Turisian bisa mulai perjalanan dari Kota Jayapura menuju Sentani yang berjarak sekita 33 km. Dari Sentani, perjalanan berlanjut menggunakan transportasi umum atau mobil sewaan ke Pelabuhan Depapre dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Baca juga: Kali Jaifuri Yokiwa di Kabupaten Jayapura Sajikan Alam yang Memesona

Kemudian dari Pelabuhan Depapre, Sobat Turisian mesti menyeberang ke Pantai Tablanusu. Dengan menggunakan perahu motor menuju selama sekitar 20 menit perjalanan.*

Pos terkait